Breaking News:

Waspadai Bahaya Timbal, Mainan Anak TK/PAUD Hindari Berbahan Cat

Mainan anak-anak yang berwarna mencolok membuat anak menjadi tertarik bermain, akan tetapi hal ini malah dapat membahayakan kesehatan anak

bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Suasana permainan anak-anak di Babel Kids. (Rabu, 6/11/2019) 

Waspadai Bahaya Timbal, Mainan Anak TK/PAUD Hindari Berbahan Cat

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mainan anak-anak yang berwarna mencolok membuat anak menjadi tertarik bermain, akan tetapi hal ini malah dapat membahayakan kesehatan anak. Pasalnya bahan yang digunakan tersebut mengandung Timbal (Pb).

Indriyati, Guru serta Wakil Kepala Sekolah PAUD Babel Kids mengatakan kurang lebih mengetahui bahaya Timbal (Pb) untuk kesehatan anak.

"Insya Allah kalau di sini kita hindari main-mainan anak yang berbahan cat, permainan juga kita koordinasi sesuai dengan kriteria dari dinas pendidikan misalnya tidak membahayakan anak-anak, tidak runcing dan sebagainya," kata Indriyati saat ditemui bangkapos.com, Rabu,(6/11/2019).

Dia menjelaskan mainan yang berada di Babel Kids menghindari bahan besi yang biasa di cat. Mereka menggunakan bahan fiber seperti mainan perosotan, ayunan dan rumah-rumahan.

"Kalau di sini banyak bahan fiber, kemudian juga ada mainan anak dari busa-busa ya biar aman. Ada juga susun balok dari kayu yang tidak di cat, kalau susun balok ini untuk anak yang usia di atas 4 tahun biar gak lempar-lempar temennya kalau masih kecil," katanya.

Bahkan permainan lilin atau pledo tidak menggunakan bahan sintetis buatan melainkan membuat sendiri dari bahan yang aman.

"Pledo biasa kita buat sendiri, dari gandum, garam, minyak dan pewarna makanan. Jadi aman, biasanya kan bahan buatan kita gak pakai,"tuturnya.

Dia mengakui memang anak-anak dibawah 3 tahun kerap memasukan mainan ke dalam mulut, pihak guru selalu memberikan peringatan.

"Upaya lain yang kita lakukan juga menerapkan kebersihan kepada anak-anak kalau selesai main itu cuci tangan dan kaki, kemudian kalau sebelum makan cuci tangan juga. Kalau mau pulang pakai kaos kaki cuci kaki dulu," jelasnya.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Evan Saputra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved