Berita Pangkalpinang

Forum DAS Babel Adakan Jambore Relawan Lingkungan, Tingkatkan Kepedulian Pada Lingkungan

Forum DAS Babel Adakan Jambore Relawan Lingkungan. Tingkatkan Kepedulian Masyarakat terhadap Lingkungan

Forum DAS Babel Adakan Jambore Relawan Lingkungan, Tingkatkan Kepedulian Pada Lingkungan
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Ketua Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fadillah Sabri. Kamis,(7/11/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan selenggarakan Jambore Relawan Lingkungan bertema Aku Bahagia Menjadi Relawan Lingkungan pada tanggal 8 - 10 November 2019 di Hutan Pelawan Namang, Bangka Tengah.

Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran cinta dikalangan generasi muda, menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan membentuk relawan lingkungan ForDAS.

Ketua Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fadillah Sabri mengatakan jumlah peserta yang telah terdaftar saat ini dalam kegiatan tersebut berjumlah 60 regu se-Bangka Belitung.

"Kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga hari dua malam. Peserta terdiri dari pelajar pramuka, komunitas jumlah lebih hampir 400 orang. Target kita itu 300 orang sehingga ini melebihi target. InsyaAllah akan dibuka sabtu pagi yang dibuka Dirjen Penegakan Kementrian Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rasio Ridho Sani yang disapa Bang Roy," ungkap Fadillah saat ditemui bangkapos.com, Kamis(7/11/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2019 serta menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada tanggal 28 November 2019 mendatang.

"Lalu para peserta datangnya hari Jumat, mereka langsung menanam 300 pohon di lahan kritis dekat Namang itu. Kita sudah bekerjasama dengan BPDAS, mereka akan menyediakan pohon. Dalam rangkaian kegiatan talkshow, pelatihan, dan permainan tradisional," ungkapnya.

Fadillah menjelaskan panitia sudah hampir menyelesaikan persiapan kegiatan tersebut, sebab nanti juga akan ada beberapa kegiatan yang menarik untuk dilakukan para peserta.

"Nanti peserta akan dilatih kemampuan untik hidup, mereka akan membuat kompos blok, kompos cair, menyetek pohon, membuat minuman teh dari daun pelawan," ungkapnya.

Hari terakhir kegiatan akan diadakan rembuk warga mengenai pendekatan sosial terhadap kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Dihadirkan empat narasumber meliputi Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Danrem Babel, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, dan Prof Bustami Rahman.

"Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar, peserta bahagian, mendapat manfaat, dan mohon doanya," tutupnya.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved