Berita Pangkalpinang

Kemenpan Tak Prioritaskan Putra Daerah Ikut Penerimaan CPNS 2019

Putra daerah yang hendak ikut penerimaan CPNS 2019 harus mengikuti pelatihan sebelum melakukan ujian.

Kemenpan Tak Prioritaskan Putra Daerah Ikut Penerimaan CPNS 2019
bangkapos.com/Hendra
Ketua Komisi I, Helyana 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mendatangi Kemenpan terkait rencana penerimaan CPNS 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Komisi I, Helyana mengatakan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan) menyatakan dalam peneriman CPNS di Babel secara terbuka tidak ada prioritas bagi putra daerah.

Semua diberikan kesempatan yang sama baik putra daerah maupun luar daerah.

"Kita sudah upayakan untuk itu, prioritas putra daerah. Tapi bertentangan dengan apa yang diinginkan oleh pusat. Mereka hanya minta hasil penerimaan CPNS ini memang SDM yang berkualitas, tidak hanya putra daerah saja," kata Helyana, Kamis (7/11/2019).

Karenanya putra daerah yang hendak ikut penerimaan CPNS 2019 harus mengikuti pelatihan sebelum melakukan ujian.

Kemudian dikarenakan tak diberikan prioritas kepada putra daerah, Komisi I kata Helyana meminta Kemenpan untuk memberikan lagi formasi CPNS tahun depan.

"Kita minta ada tambahan lagi tahun depan dan ini akan kita kawal lagi tahun depan. Kemudian kepada BPKSDM juga kita minta agar dalam mengajukan formasi CPNS ke kemenpan harus memang yang dibutuhkan," ujar Helyana.

Selain itu, kepada pihak kemenpan kata Helyana, Komisi I juga meminta penurunan standarisasi kelulusan tes CPNS bagi putra daerah.

Hal ini dimintanya agar kesempatan putra daerah untuk mengabdi sebagai PNS peluangnya lebih besar.

"Selain mengusulkan tambahan formasi, kita juga minta agar standar kelulusannyA juga diturunkan. Kita sampaikan ke Kemenpan bahwa kita masih membutuhkan tambahan PNS untuk membangun daerah," ujar Helyana.

(bangkapos.com / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved