Berita Pangkalpinang

Pemprov Bangka Belitung Sudah Siapkan 100 Unit CAT Rekrutmen CPNS 2019, SKD Februari 2020

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan 100 unit Computer Assissted Test (CAT) untuk rekrutmen CPNS 2019

Pemprov Bangka Belitung Sudah Siapkan 100 Unit CAT Rekrutmen CPNS 2019, SKD Februari 2020
SERAMBINEWS.COM/Putri
Ilustrasi lowongan CPNS 2019 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan 100 unit Computer Assissted Test (CAT) yang akan digunakan pada rekrutmen CPNS 2019.

Kepala Subbidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKPSDM Kep. Babel M. Erisco Nurrahman mengatakan, jaringan dan perangkat komputer tersebut siap digunakan.

"kemarin kami sudah sampaikan, kami sudah menyiapkan 100 unit untuk pelansanaaan seleksi. Dari bulan lalu sudah kami siapkan," kata Erisco, Jumat (8/11/2019).

Kesiapan sarana dan prasarana di daerah juga dibahas pada rapat koordinasi (rakor) Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) regional 7 di Palembang baru-baru ini. "Hasil kesepakatan di rakor itu, daerah diminta menyiapkan 100 unit komputer untuk persiapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sistem CAT-nya disiapkan BKN, Yang belum punya, diminta bekera sama dengan pemda lain yang punya," tutur dia.

Hal lain yang juga dibahas pada rakor itu adalah soal pengumuman pembukaan rekrutmen pada 11 November mendatang. Pemerintah daerah juga diminta untuk menyiapkan helpdesk online dan offline.

SKD pada Februari 2020, Siap-siap Belajar

Erisco mengatakan, sesuai jadwal tentatif dari BKN, tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan pada sekitar Februari 2020 mendatang.

Ini berarti ada waktu sekitar tiga bulan bagi calon peserta menyiapkan diri menjelang tes.

Ada beberapa alternatif bagi peserta untuk menyiapkan pengetahuan dan wawasan mereka menjelang tes.

"Peserta memang harus menyiapkan pengetahuan mereka dengan cara mandiri ataupun bimbingan belajar (bimbel). Ada buku-buku mengenai CAT di toko buku Gramedia dan toko-toko buku lain atau melalui bimbel (bimbingan belajar) masing-masing lembaga," kata Erisco.

Dia menambahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan BKN juga menyiapkan laman khusus bagi peserta yang ingin mencoba simulasi CAT.

"Itu ada link khususnya yang bisa digunakan untuk uji coba, ini sebagai bahan pembelajran dan simulasi. Ini semacam tryout sebelum melaksanakan SKD pada Februari 2020," beber dia.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved