Berita Pangkalpinang

Sejumlah Perangkat Daerah Pemprov Bangka Belitung Dimerger dan Dipisah

Sejumlah organisasi perangkat daerah di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dimerger. Ada juga yang akan dipisahkan.

Sejumlah Perangkat Daerah Pemprov Bangka Belitung Dimerger dan Dipisah
bangkapos.com/ DEDY Q
Wagub Bangka Belitung Abdul Fatah sesuai sidang paripurna di gedung DPRD Bangka Belitung, Jumat (8/11/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sejumlah organisasi perangkat daerah di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dimerger. Ada juga yang akan dipisahkan.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyodorkan rancangan peraturan daerah (raperda) terkait perubahan susunan perangkat daerah ini lewat sidang paripuran DPRD Bangka Belitung, Jumat (8/11/2019).

Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah menyatakan beberapa perangkat daerah yang akan dimerger misalnya adalah Dinas Pertanian akan digabungkan dengan Dinas Pangan.

Selama ini dua perangkat daerah ini berdiri sendiri-sendiri.

Kemudian pemprov juga akan memecah perangkat daerah Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjadi berdiri sendiri-sendiri, yakni Badan Kepegawaian dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Di dalam raperda, Pemprov juga akan menguatkan tugas dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

"Pertimbangan (merger dan pemisahan) ini jelas, tidak ada kata lain, adalah untuk efektivitas dan efisiensi berjalannya organisasi," kata Fatah seusai paripurna.

Adanya merger dan pemisahan ini otomatis akan merombak para kepala perangkat daerah.

Fatah menjelaskan, jika terjadi reorganisasi maka peraturan pemerintah memang memungkinkan untuk perombakan kepala perangkat daerah.

"Tinggal menyesuaikan berdasarkan analisis penempatan jabatan selanjutnya. Dalam sistem pengangkatan jabatan kami melihat struktur organisasi yang ada. Di pemprov ada beberapa pejabat yang sudah memasuki usia pensiun, ini ada ruang-ruang pengisian jabatan tergantung hasil tim analisa jabatan dan kompetensinya," beber Fatah.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved