VIDEO: Rayakan Maulid Nabi, Masjid Ar Roki'in Gelar Cukuran Massal

Para pengurus dan jamaah Masjid Ar Roki'in Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Lingkungan Parit Pekir Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat

BANGKAPOS COM -- Para pengurus dan jamaah Masjid Ar Roki'in Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Lingkungan Parit Pekir Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kep. Bangka Belitung menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tradisi pembacaan Kitab Al Barzanji (Marhaban) dan Cukuran Massal yang diikuti puluhan balita usai Sholat Maghrib, Sabtu (09/11/2019).

Selain itu usai Sholat Isya diadakan pembacaan Kalam Ilahi dan ceramah agama oleh Ustadz Muhammad Arif dari Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Tradisi Marhaban dan Cukuran Massal ini cukup menarik dan unik karena para orang tua balita masing-masing membawa pernak pernik khas yakni tradisi telur Serujo yang dihiasi berbagai kembang kertas warna warni yang ditancapkan di batang pisang dan wadah pot tanah.

Selain itu masing-masing balita juga dilengkapi kelapa muda yang diukir dengan tulisan kaligrafi serta dilengkapi gunting dan minyak wangi.

Ketua Masjid Ar Roki'in Sungailiat, Muhammad Rozi mengatakan kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun dan tradisi masyarakat lingkungan Parit Pekir dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

"Untuk kegiatan Cukuran Massal panitia masjid menyiapkan sekitar 1.000 butir telur Serujo, selain itu para orangtua balita dan masyarakat juga ada yang membawa sendiri telur Serujo nya," kata Rozi.

Ditambahkan Rozi, melalui kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan syiar Islam dan menjalin tali silahturahmi antara masyarakat menjadi lebih erat.

"Semoga kegiatan ini mendapatkan limpahan rahmat dan kebarokahan dari Allah SWT, aamiin ya robbalalamiin," harapnya.

 (BANGKAPOS.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved