Maknai Momentum Hari Pahlawan Nasional, Jadilah Pahlawan Masa Kini

Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Momentum ini juga dijadikan sebagai alarm untuk mengingat perjuangan pahlawan

Maknai Momentum Hari Pahlawan Nasional, Jadilah Pahlawan Masa Kini
Bangkapos/irakurniati
Upacara peringatan hari pahlawan ke-74 di halaman Gedung Tudung Saji Pangkalpinang, Minggu (10/11/2019)

Maknai Momentum Hari Pahlawan Nasional, Jadilah Pahlawan Masa Kini

BANGKAPOS.COM - Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Momentum ini juga dijadikan sebagai alarm untuk mengingat perjuangan pahlawan bangsa mempertahankan kedaulatan NKRI pada 74 tahun silam. 

Upacara hari pahlawan di halaman Gedung Tudung Saji berlangsung khidmat, meskipun panas terik matahari dan keringat bercucuran. 
Selaku inspektur upacara, wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, membacakan amanat hari pahlawan dari Menteri Sosial Republik Indonesia. 

"Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri," ucap Molen di hadapan peserta upacara, Minggu, (10/11/2019). 

Dia melanjutkan, peringatan Hari Pahlawan dimaknai dengan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sesuai dengan tema "aku pahlawan masa kini". 

Menjadi pahlawan masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi - aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainya.

"Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. sekarang, untuk menajdi pahlawa, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata Internasional," tambahnya. 

Upacara peringatan hari pahlawan diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada para pejuang kebangsaan atau veteran. 

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved