Berita Sungailiat

Direktur PDAM Tirta Bangka Kecam Aktivitas TI, Garap Bagian Hulu Air Baku Milik PDAM di DAM 1 Pemali

Aktivitas penambangan timah ilegal yang mengganggu fasilitas umum kolong PDAM Tirta Bangka DAM 1 Desa Pemali dijarah oleh penambang

Direktur PDAM Tirta Bangka Kecam Aktivitas TI, Garap Bagian Hulu Air Baku Milik PDAM di DAM 1 Pemali
Ist/Satpol PP Bangka
Petugas Pol PP Bangka mendatangi lokasi tambang ilegal di DAM I Pemali Bangka berikan peringatan, Senin (11/11/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Aktivitas penambangan timah ilegal yang mengganggu fasilitas umum kolong PDAM Tirta Bangka DAM 1 Desa Pemali dijarah oleh penambang, dikecam oleh Direktur PDAM Tirta Bangka Suhendra.

Menurutnya, aktivitas tambang ilegal tersebut berada di alur kolong DAM 1 milik PDAM Tirta Bangka, yang menjadi sumber utama air di wilayah Desa Pemali, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

"Terkait penertiban aktivitas itu, kami sudah turun ke lokasi melihat memang benar keberadaan aktivitas tambang di hulu kolong, DAM 1 Desa Pemali, tentunya kami sangat menyayangkan, karena apabila aktivitas itu diteruskan akan membuat kekeruhan sumber air baku ketika musim hujan datang,"jelas Direktur PDAM Tirta Bangka, Suhendra kepada Bangkapos.com, Senin (11/11/2019)

Menurutnya, terkait aktivitas itu, dua minggu yang lalu pihaknya juga pernah ke lokasi tersebut, cuma saat itu tidak ada aktivitas pertambangan, hanya saja ada eksavator atau alat berat (PC) yang berkerja dilokasi tersebut.

"Namun ada alur yang ditutup pakai PC, kita minta buka kembali dan kita sudah lakukan pendekatan secara persuasif dengan yang punya lahan," jelas Suhendra.

Ia, sangat mengharapkan dengan adanya penertiban oleh anggota Satpol PP Bangka diharapkan bisa membuat jera, karena bila terus berjalan akan mengganggu alur masuk air ke sumber air baku PDAM Tirta Bangka.

"Apalagi di saat musim kemarau panjang saat ini, memang debit air banyak berkurang, namun kita tetap beroperasi seperti biasa, namun sumber air ini sangat diperlukan selain sumber air lainya. Kami minta tolong aktivitas tambang ini dihentikan karena berdampak pada fasilitas umum kondisi air PDAM yang bisa tercemar,"imbau Suhendra. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved