Berita Pangkalpinang

Menteri Tjahjo Siap Pangkas Eselon Birokrasi

Tjahjo Kumulo menyatakan siap untuk menerapkan pemangkasan eselon pada birokrasi pemerintah di Indonesia.

Menteri Tjahjo Siap Pangkas Eselon Birokrasi
BANGKA POS / DEDY QURNIAWAN
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumulo seusai menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di GOR Sahabuddin, Bangka Belitung, Senin (11/11/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumulo menyatakan siap untuk menerapkan pemangkasan eselon pada birokrasi pemerintah di Indonesia.

Ini ia sampaikan seusai menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di GOR Sahabuddin Bangka Belitung, Senin (11/11/2019)

Ini ia sampaikan seusai menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di GOR Sahabuddin Bangka Belitung, Senin (11/11/2019).

Perampingan hierarki dan birokrasi ASN melalui pemangkasan Eselon berguna mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat dan pelayanan perizinan yang ada.

"Kalau Eselon I hingga Eselon V kan panjang mata rantainya. Ini akan diperpendek, dirampingkan. Maka saya siap melaksanakan tugas dan perintah Presiden ini. Kami juga harus hati-hati sehingga perku menyerap aspirasi seluruh kementerian lembaga dan daerah," katanya.

Akan tetapi kata Tjahjo, sejumlah hal perlu dicermati mengenai pemangkasan Eselon ini.

Ia mencontohkan camat dan kepala kantor adalah Eselon III tetapi jika dihapus, jabatan tersebut tak mungkin diubah menjadi Eselon II.

Karena itu jabatan yang akan diperbanyak nantinya adalah jabatan fungsional untuk mengisi jabatan Eselon yang dipangkas.

"Mata rantainya harus simpel, harus singkat. Ini juga dalam rangka mempercepat reformasi birokrasi dan juga penguatan otonomi daerah yang ada," katanya.

(bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved