Berita Pangkalpinang

Mochtar Bahrin: Ini Sangat Berarti Bagi Keluarga Depati Amir

Pria asal Kupang itu adalah generasi keempat keluarga Depati Amir. Karena ini momen spesial dan bersejarah

Mochtar Bahrin: Ini Sangat Berarti Bagi Keluarga Depati Amir
(BANGKA POS / DEDY Q)
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat bertemu generasi keempat keluarga Depati Amir, Mochtar Bahrin di Kampoeng Rasau, Pangkalpinang, Minggu (10/11/2019) sore. Keduanya bertemu pada momen peresmian monumen pertama Depati Amir di Indonesia. 

BANGKAPOS.COM- Sepuluh orang keturunan keluarga Depati Amir, enam dari Kupang dan Bali, dan empat dari Pulau Bangka, hadir pada peresmian monumen pahlawan nasional Depati Amir di Kampoeng Rasau, Pangkalpinang, Minggu (10/11/2019). Satu di antaranya adalah Mocthar Bahrin.

Pria asal Kupang itu adalah generasi keempat keluarga Depati Amir. Karena ini momen spesial dan bersejarah, Mochtar menyiapkan pakaian dan atribut adat khusus pada acara itu.

Dia mengenakan destar, atribut khas Depati Amir. Destar yang sama juga dikenakan oleh sejumlah pejabat tamu undangan dan anggota keluarga lainnya.

"Ini bisa memotivasi kaum milenial. Agar bisa mengenal lebih dekat terhadap pahlawan nasionalnya," kata Mochtar seusai peresmian .

Depati Amir dilahirkan di Bangka pada 1805. Ia kemudian terlibat perjuangan melawan penjajah dan terbuang di Timor.

Pada 2004, Babel, secara resmi menelusuri Depati Amir. Mochtar menyebutkan, 2004 itu adalah momen luar biasa bagi keluarga besar Depati Amir.

"Pada 2004 pemprov dan kabupaten kota datang secara resmi ke Kupang, bersama tokoh masyarakat dan pemangku adat. Itulah momennya, kami tersentak, seperti kita bangun dari tidur, bahwa ada sosok pejuang yang sangat luar biasa, dicari untuk dikenang, nangis semua rombongan dari Babel," tutur Mochtar.

Setelah kunjungan tersebut, kemudian diadakan seminar yang berlanjut dengan usulan pahlawan nasional. Pada 2018, atau butuh waktu 14 tahun sejak seminar pertama dilakukan pada 2004, baru kemudian Depati Amir ditetapkan menjadi pahlawan nasional dari Bangka Belitung.

"Ini sangat berarti untuk keluarga Depati Amir," kata Mochtar.

Tepat pada peringatan Hari Pahlawan 2019 monumen Depati Amir, pertama dan satu-satunya saat ini, diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan perwakilan keluarga. Tampak juga hadir anggota DPD RI Hudarni Rani dan perwakilan Pemkot Pangkalpinang serta tamu undangan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved