WIKI BANGKA

Nikmati Segarnya Teh Tayu yang Dipercaya Sebagai Obat Kolestrol

Wilayah Bangka, tepatnya di Kabupaten Bangka Barat, Dusun Tayu, Kecamatan Jebus, memiliki kebun teh yang sudah dikenal masyarakat sejak lama.

Nikmati Segarnya Teh Tayu yang Dipercaya Sebagai Obat Kolestrol
(Bangkapos/Nordin)
Menikmati teh Tayu di Warkop Panjul, jalan Trem, Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Wilayah Bangka, tepatnya di Kabupaten Bangka Barat, Dusun Tayu, Kecamatan Jebus, memiliki kebun teh yang sudah dikenal masyarakat sejak lama.

Masyarakat sekitar kini mulai gencar melestarikannya dengan memperluas kebun teh dan memproduksinya secara tradisional untuk kebutuhan sehari-hari.

Kalau berjalan-jalan ke wilayah Jebus, minuman teh Tayu dengan mudah dijumpai di warung kopi atau sejenisnya dan bisa juga didapatkan olahan daun teh yang siap diseduh.

Sekarang teh Tayu tidak hanya dinikmati di Jebus dan Bangka Barat, tapi juga sudah menyebar ke Pangkalpinang, tepatnya di warung kopi Panjul yang berada di Jalan Trem Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Pembibitan/budidaya tanaman teh Tayu khas desa Ketap di BPP Jebus.
Pembibitan/budidaya tanaman teh Tayu khas desa Ketap di BPP Jebus. (Istimewa)

Owner Warung Kopi Panjul, Panjul menyampaikan, dirinya sengaja mendatangkan teh tayu ke warkopnya sebagai bentuk apresiasi terhadap petani teh di Jebus dan memperkenalkannya ke masyarakat luas.

" Menurut saya ini unik ya, di Jebus sana itu ada kebun teh dan masyarakat melestarikannya, mereka mengolah dengan cara tradisional kemudian menjualnya," sebut Panjul kepada Bangkapos.com

Panjul mengatakan, warkopnya punya cara yang unik untuk menikmati teh tayu, yakni dengan teko Kung Fu teh yang didatangkan langsung dari Jakarta.

Teh Tayu Panjul
Teh Tayu Panjul (Bangka Pos/ Nordin)

Cara ini menurutnya belum ditemukan di warkop lain di Pulau Bangka, selain unik dipercaya dapat menjaga keaslian rasa teh dan aromanya.

" Biasanya menikmati teh tayu tidak menggunakan gula, akan terasa nikmatnya, masyarakat percaya bahwa teh ini bisa menyembuhkan kolestrol, darah tinggi juga dan penambah stamina," kata Panjul

Dia menyebutkan, di warkopnya satu teko teh tayo dijual Rp 25 ribu dan bisa dinikmati oleh empat orang serta daun teh bisa di seduh berkali-kali. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Noordin
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved