Berita Sungailiat

Peringatan Maulid Nabi, Pemdes Pemali Gelar Cukuran Massal Ikuti 92 Balita

Sebanyak 92 orang anak di Desa Pemali Kecamatan Pemali Bangka, dicukur massal

Peringatan Maulid Nabi, Pemdes Pemali Gelar Cukuran Massal Ikuti 92 Balita
(Ist/Rosmanto Nata)
Pemdes Pemali Kecamatan Pemali Bangka menggelar Acara Cukuran Masal di Masjid Besar Assa’adah Pemali. Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Pemali Putra Jaya, Kapolsek Pemali Ipda AF Pulungan, tokoh agama dan berbagai lapisan warga berkumpul di acara ini, Minggu (10/11/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sebanyak 92 orang anak di Desa Pemali Kecamatan Pemali Bangka, dicukur massal. Prosesi ini digelar seiring peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Assa’adah Pemali.

"Dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/ 2019 M, kami mengadakan acara cukuran masal. Cukuran Masal ini merupakan suatu tradisi yang selalu dilaksanakan oleh masyarakat Desa Pemali dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Kepala Desa (Kades) Pemali, Isnanto diwakili Sekdes Rosmanto Nata kepada Bangkapos.com, Senin (11/11/2019).

Acara ini dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pemali bekerjasama dengan Pengurus Masjid Besar Assa’adah Pemali, Minggu (10/11/2019). Sedangkan sebelumnya, Tahun 2018, kegiatan serupa dilaksanakan di Masjid Al Muttaqin Pemali.

"Tahun ini, 92 peserta cukuran yang mengikuti kegiatan. Peserta cukuran masal merupakan masyarakat Desa Pemali sendiri maupun luar Desa Pemali," kata Rosmanto Nata.

Acara cukuran masal menurut Rosmanto bertujuan untuk menarik antusiasme masyarakat dalam upaya mempertahankan tradisi ini.

Panitia pelaksana juga menyediakan hadiah untuk pemenang Lomba Pahar Telur atau menghias telur cukur. "Untuk mengikuti cukuran masal tersebut peserta tidak dipungut biaya pendaftaran, akan tetapi peserta diharuskan membawa telur ayam yang telah direbus dan dihias sebanyak 30 butir yang akan dinilai," katanya.

Dipastikan Rosmanto, antusiasme masyarakat sangat meningkat saat acara cukuran massal digelar tahun ini. Apalagi selain itu cukuran massa, Pemdes Pemali juga menggelar beberapa perlombaan dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah.

"Berbagai macam perlombaan seperti, tahfiz qur’an, murotal, kaligrafi, adzan, mewarnai, hafalan asmaul huznah dan ma’asyir, yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu Tanggal 6 Nopember hingga Tanggal 8 Nopember 2019 di Masjid Besar Assa’adah Pemali," katanya.(Bangkapos.com/Fery Laskari)

Kepsen Photo: Pemdes Pemali Kecamatan Pemali Bangka menggelar Acara Cukuran Masal di Masjid Besar Assa’adah Pemali.
Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Pemali Putra Jaya, Kapolsek Pemali Ipda AF Pulungan, tokoh agama dan berbagai lapisan warga berkumpul di acara ini, Minggu (10/11/2019).(IST/Rosmanto Nata).

Area lampiran

Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved