Pertama Kalinya Bangka Belitung Punya Monumen Pahlawan Nasional Depati Amir

Tepat pada peringatan Hari Pahlawan 2019, monumen Depati Amir, pertama dan satu-satunya saat ini di Bangka Belitung, diresmikan oleh Gubernur

BANGKAPOS.COM - Tepat pada peringatan Hari Pahlawan 2019, monumen Depati Amir, pertama dan satu-satunya saat ini di Bangka Belitung, diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, perwakilan keluarga dan Ketua Kelompok Sadar Wisata Pangkalpinang.

Tampak juga hadir anggota DPD RI Hudarni Rani dan perwakilan Pemkot Pangkalpinang serta tamu undangan lainnya.

Monumen Depati Amir memiliki tinggi tiga meter. Ada lima tugu kecil yang tersambung dengan rantai  mengelilingi monumen. Kelima tugu itu melambangkan lima sila Pancasila, dan rantai melambangkan perekat atau persatuan.

Sepuluh orang anggota keluarga Depati Amir, enam dari Kupang dan Bali, dan empat dari Pulau Bangka, hadir pada peresmian monumen pahlawan nasional Depati Amir di Kampoeng Rasau, Pangkalpinang, Minggu (10/11/2019) sore tadi. Satu di antaranya adalah Mocthar Bahrin. 

Pria asal Kupang itu adalah generasi keempat keluarga Depati Amir. 

Depati Amir dilahirkan di Bangka pada 1805. Ia kemudian terlibat perjuangan melawan penajajah dan terbuang di Timor. 

Pada 2004, Babel secara resmi menelusuri Depati Amir. Setelah kunjungan tersebut, kemudian diadakan seminar yang berlanjut dengan usulan pahlawan nasional. Pada 2018, atau butuh waktu 14 tahun sejak seminar pertama dilakukan pada 2004, baru kemudian Depati Amir ditetapkan menjadi pahlawan nasional dari Bangka Belitung. 

Monumen dikerjakan selama dua bulan oleh pengrajin Blitar dari Kabupaten Bangka, Ali Topan. 

Dananya berasal dari jual kaus Depati Amir hingga hasil lelang tugu Depati Amir berukuran kecil. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pangkalpinang Ahmad Wahyudi mengatakan, monumen masih akan disempurnakan dengan meletakkan kata-kata mutiara Depati Amir di dekat monumen.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved