Pornas XV Korpri

Gerak Cepat Cabor Gateball di Babel, Pertama Kali Bertanding dan Dipertandingkan di Pornas Korpri

Untuk pertama kalinya pula, Gateball dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas)

Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Tim Gateball Bangka Belitung berlatih di lapangan Gateball pada Pornas Korpri XV, halaman Kantor Gubernur Babel, Senin (11/10/2019). 

Untuk pertama kalinya pula, Gateball dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 di Bangka Belitung.

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Diperkenalkan sejak Agustus 2019, cabang olahraga (cabor) Gateball bergerak cepat mengorganisasikan diri di Bangka Belitung. Dalam hitungan bulan, Pengprov Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kepulauan Babel sudah terbentuk dan diketuai oleh Noviar Ishak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kepulauan Babel.

Ketua Bidang Organisasi Humas dan Promosi Pengprov Pergatsi Kepulauan Bangka Belitung Arifiyanto mengatakan, olahraga ini berasal dari Jepang. Indonesia sudah lama mengenalnya.

Cabor ini kemudian dikembangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan memandatkan kepala dinas PU membikin pengurus gateball di provinsi-provinsi.

Dalam hitungan bulan, Pergatsi Babel turun di kejuaraan nasional. Untuk pertama kalinya pula, Gateball dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 di Bangka Belitung.

"Di Babel baru bulan Agustus 2019. Kemudian kami bentuk pengprov, dan mulai mengenal Gateball," kata Arif, Selasa (12/11/2019).

Gateball adalah olahraga yang menggunakan pemukul (stick) dan dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 5 pemain, dengan 5 bola.

Tim pertama dengan bola berwarna merah, masing-masing bola bernomor ganjil 1, 3, 5, 7, dan 9; sedangkan tim kedua dengan bola berwarna putih bernomor genap 2, 4, 6, 8, dan 10. Setiap pemain masing-masing memiliki 1 bola yang telah ditentukan.

Gatebal dimainkan di lapangan terbuka berumput atau lapangan tertutup dengan rumput sintetis, tidak ada rintangan (sampah, batu, dll), datar persegi panjang dengan ukuran 15 x 20 m atau 20 x 25 m (umum digunakan 15 x 20 m).

Team merah memukul bola terlebih dahulu lalu diikuti team putih sesuai urutan nomor bola. Bola dipukul melewati 3 gawang (gawang 1 sampai 3) dan menyelesaikan permainan bila telah menyentuh goal-pole.

Halaman
12
Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved