Berita Pangkalpinang

Kadinkes Bangka Belitung Sebut IPKM Tahun 2018 Bukti Nyata Capaian Pembangunan Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-empat di dunia.

Kadinkes Bangka Belitung Sebut IPKM Tahun 2018 Bukti  Nyata Capaian Pembangunan Kesehatan
Bangkapos.com/Edwardi
Kadinkes Babel, Mulyono Susanto memotong tumpeng perayaan Hari Kesehatan Nasional ke 55 di halaman Kantor Dinkes Babel, Selasa (12/11/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Kesehatan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-empat di dunia.

"Kita patut berbangga karena telah mencapai berbagai kemajuan dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia agar sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia," kata Mulyono dalam sambutannya saat peringatan Hari Kesehatan Nasional, Selasa (12/11/2019)

Menurutnya, Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tahun di pusat maupun daerah. Tema peringatan HKN tahun 2019 ini adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

"Pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan. Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai Indeks Pembangunan Manusia dan Usia Harapan Hidup,"  jelas Mulyono

Menurutnya, Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini. Antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal.

Ketua Panitia Kegiatan Hari Kesehatan Nasional , Azwani mengatakan tujuan kegiatan HKN ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa, masyarakat, ormas, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif, preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan gerakan masyarakat hidup sehat (Gernas) tanpa mengabaikan kuratif rehabilitatif

"Berbagai kegiatan sudah dilaksanakan untuk menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional ke 55 ini mulai seminar gizi, pengukuran kebugaran jasmani bagi ASN hingga kelas ibu hamil dan ibu balita serta lainnya," kata Azwani. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved