BECAK Babel Juara Kategori Regu Terkreatif di Jambore Relawan Lingkungan

Bangka Environtment Creative Activist of 'Kawa' (BECAK) Babel merupakan salah satu dari 46 komunitas peduli lingkungan

BECAK Babel Juara Kategori Regu Terkreatif di Jambore Relawan Lingkungan
IST/Becak
Bangka Environtment Creative Activist of 'Kawa' (BECAK) Babel merupakan salah satu dari 46 komunitas peduli lingkungan yang menjadi peserta Jambore Relawan Lingkungan yang diselenggarakan Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung. Dalam kegiatan tersebut Becak Babel berhasil menjadi juara untuk kategori regu terkreatif dan lomba mutik sampah. 

BECAK Babel Juara Kategori Regu Terkreatif di Jambore Relawan Lingkungan

BANGKAPOS.COM -- Bangka Environtment Creative Activist of 'Kawa' (BECAK) Babel merupakan salah satu dari 46 komunitas peduli lingkungan yang menjadi peserta Jambore Relawan Lingkungan yang diselenggarakan Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung.

Dalam kegiatan tersebut Becak Babel berhasil menjadi juara untuk kategori regu terkreatif dan lomba mutik sampah.

Jambore tersebut diselenggarakan di camping ground Hutan Pelawan, Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, pada jumat hingga Minggu (8/11/2019) hingga (10/11/2019). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pahlawan dan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS).

Selain Becak Babel, masih ada tim lain yang memenangkan dari kategori yang diperlombakan, diantaranya yaitu Bujang Squad, Kompas Bangka, Kompas UBB, Hisbulwaton STKIP Muhammadiyah Babel, SMA N 1 Namang, SMA N 1 Pangkal pinang, Green generation Pepelingasih Babel, Saka Wanabakti.

Ketua Umum Becak Babel, Arinda Unigraha menyampaikan ucapan terimakasih kepada Fordas Babel yang telah menyelenggaran kegiatan ini. Memurutnya, ini salah satu program unggulan yang harus terus digalakan guna menumbuhkan kepeduliaan, kepekaan, dan kecintaan terhadap lingkungan serta alam oleh generasi milenial di Bangka Belitung.

"Meskipun teknologi makin canggih, tetap harus ada pihak-pihak yang mengarahkan anak muda agar mengenal dan lebih dekat dengan alam, sehingga kemampuan teknologinya bisa diimbangi dengan karakter berwawasan lingkungan," ujar Arinda yang kerap dipanggil Inong oleh rekannya.

Sementara itu, Ketua FORDAS Babel Fadillah Sabri, S.T., M.Eng menyatakan rasa bangganya terhadap 500 lebih generasi milenial Bangka yang secara sukarela telah hadir menjadi bagian dari relawan lingkungan. Tak hanya itu, peserta juga langsung dinobatkan sebagai 'Relawan Lingkungan FORDAS BABEL.

"Alhamdulillah, kegiatan ini langsung dibuka oleh Dirjen Gakkun KLHK RI. Semoga para relawan lingkungan ini tetap istiqomah untuk menjaga alam Bangka sehingga memiliki jiwa-jiwa sebagai pahlawan lingkungan. Dan saya ucapkan selamat kepada Komunitas BECAK Babel atas prestasinya, terus berkarya dan menginspirasi dalam menjaga lingkungan terutama melalui pengolahan sampah,"tukas Fadillah Sabri.

Salah satu peserta, Vivy Liana merasa senang dapat terlibat dalam kegiatan ini.

"Kami belum pernah mendapat meteri-materi seperti ini. Ini sangat luar biasa dan menakjubkan. Belajar dari alam, dekat dengan alam, dan menyatu dengan alam. Semoga kegiatan ini bisa diadakan kembali tahun selanjutnya dengan peserta yang lebih banyak agar kemanfaatannya bisa lebih luas." Tutup Vivy.

Para peserta jambore mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan dan wawasan oleh berbagai narasumber. Narasumber yang berkesempatan mengisi kegiatan tersebut diantarannya Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kadishut Babel, BPDAS Babel, Founder Hutan Pelawan, Munjang Mangrove, Meltilin Center, Bupati Bangka Tengah terkait kebijakan lingkungan, Ibu ekawati Justiar, Mintegasi cuaca BMKG, mitigasi bencana BPBD, Kompos Block, peternak madu kelulut, hingga lomba adu mutik sampah. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved