Berita Bangka Selatan

Kondisi Cuaca Tidak Pasti, Kadinkes Bangka Selatan Ingatkan Warga untuk Waspadai Penyakit DBD

Warga diimbau mewaspadai adanya kekhawatiran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat ketidakpastian cuaca

Kondisi Cuaca Tidak Pasti, Kadinkes Bangka Selatan Ingatkan Warga untuk Waspadai Penyakit DBD
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Supriyadi 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Supriyadi mengingatkan warga Bangka Selatan untuk mewaspadai adanya kekhawatiran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat ketidakpastian cuaca yang terjadi di Bangka Selatan.

Menurut Supriyadi, menyebutkan penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

"Saat ini kan kondisi cuaca kita belum pasti, kadang hujan kadang juga panas sehingga ini patut diatasi," kata Supriyadi saat dihubungi Bangkapos.com,  Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, ketika hujan, masyarakat banyak yang menampung air hujan akibat kekeringan dengan menampung dalam waktu yang cukup lama serta dalam kapasitas yang cukup banyak.

"Air hujan yang ditampung kalau tidak ditutup rapat maka akan menjadi sarang bagi nyamuk untuk bertelur dan menyebabkan penyakit," jelas Supriyadi.

Untuk itu, dia mengimbau kepada warga khususnya di Bangka Selatan untuk bijak dalam mengelola air dan menutup penyimpanan air agar nyamuk tidak bebas bertelur di dalamnya.

Sedangkan untuk mengatasi penyebaran DBD, Supriyadi juga mengingatkan kepada pihak puskesmas di setiap kecamatan di Bangka Selatan untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan terhadap bahayanya DBD bagi keluarga.

"Kita harapkan dengan penyuluhan dan sosialisasi kepada warga kita ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang bisa mengganggu kesehatan warga," imbau Supriyadi. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved