Eksploitasi Anak di Bangka Selatan

Tanggapan Ketua KPAD Hingga Ketua DPRD Soal Kasus Eksploitasi Anak di Bawah Umur di Bangka Selatan

Terkait dengan adanya aktivitas pengeksploitasian anak di bawah umir di lokalisasi yang terjadi di Bangka Selatan

Tanggapan Ketua KPAD Hingga Ketua DPRD Soal Kasus Eksploitasi Anak di Bawah Umur di Bangka Selatan
dok bangka pos
Sapta Qodria Ketua KPAD Babel 

Tanggapan Ketua KPAD Hingga Ketua DPRD Soal Kasus Eksploitasi Anak di Bawah Umur di Bangka Selatan

BANGKAPOS.COM - Terkait dengan adanya aktivitas pengeksploitasian anak di bawah umir di lokalisasi yang terjadi di Bangka Selatan, Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Bangka Belitung, Sapta Qodria Muafi turut angkat bicara.

Dihubungi melalui panggilan telepon pada Rabu, (13/11/2019) Sore, Sapta menyebutkan aktivitas tersebut harus ditindaklanjuti dan diawasi.

"Kami tentunya dengan adanya kejadian seperti ini harus siap untuk mengawasi kejadian-kejadian yang berbau penjualan anak di bawah umur," ujar Sapta kepada Bangkapos.com.

Pekerjakan Anak Bawah Umur di Lokalisasi, Seorang Ibu Rumah Tangga Bangka Selatan Ditangkap Polisi

Menurutnya memang beberapa waktu belakangan ini kerap terjadi kasus-kasus yang berhubungan dengan eksploitasi terhadap anak di bawah umur. Namun dirinya tidak mau menyebutkan lebih jauh karena masih mempelajari beberapa kasus.

"Tentunya untuk mengatasi hal-hal seperti ini kami perlu bekerjasama dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian karena mereka memiliki izin untuk lakukan penangkapan, kami hanya fokus pada pengawasan terhadap anak," tuturnya.

Sapta mencontohkan misalnya ada tempat hiburan yang terindikasi menjual anak di bawah umur, maka pihaknya dapat merekomendasikan kepada Kepolisian Bangka Selatan atau Satuan POL PP untuk lakukan pengamanan dari pihak berwenang.

Selain itu, untuk kasus yang terjadi di Kecamatan Toboali, Sapta berharap tak lagi terulang.

"Kepada pemilik kafe untuk benar-benar tidak mempekerjakan anak di bawah umur sehingga tidak merugikan orang banyak dan ini akan terus kita awasi," ungkapnya.

BREAKING NEWS: Wawancara Eksklusif Bersama Sur, Pelaku Eksploitasi Anak di Lokalisasi Bangka Selatan

Tak hanya berkoordinasi dengan kepolisian dalam pengawasan, Sapta juga berharap agar kepala-kepala daerah di Bangka Belitung untuk mendorong adanya pembentukan KPAD di kabupaten agar pengawasan dapat dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved