Hebat, Bangka Barat Raih Predikat Tertinggi Kabupaten Sehat Dua Kali Berturut-Turut

Kabupaten Bangka Barat sukses mempertahankan predikat tertinggi Kabupaten Sehat Tahun 2019

Hebat, Bangka Barat Raih Predikat Tertinggi Kabupaten Sehat Dua Kali Berturut-Turut
Ist
Bupati Markus SH didampingi M. Soleh saat menerima kunjungan dari Tim verifikasi Kabupaten/Kota sehat dari kementerian kesehatan dan kementerian dalam negeri, Kamis (22/8) lalu. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kabupaten Bangka Barat sukses mempertahankan predikat tertinggi Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wistara dari Kementrian Kesehatan dan Kemendagri selama dua kali berturut-turut masing-masing pada tahun 2017 dan 2019 ini.

Sebelumnya, dalam Radiogram Kemendagri bernomor 080/12558/SJ tertanggal 8 November 2019, Bangka Barat disebut menjadi salah satu daerah di Indonesia yang berhasil meraih predikat Kabupaten sehat kategori wistara, sekaligus diundang menghadiri acara pemberian penghargaan di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta pada Selasa, 19 November mendatang.

Bupati Bangka Barat, Markus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga komitmen untuk tetap mempertahankan predikat tertinggi kabupaten sehat dapat kembali terwujud.

“Kita bersyukur sekaligus mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi, sehingga Bangka Barat kembali berhasil meraih predikat tertinggi itu selama dua kali berturut-turut. Apresiasi ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sendiri," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Kunjungan tim verifikasi penilaian kabupaten sehat tahun 2019 di Desa Beruas , Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat
Kunjungan tim verifikasi penilaian kabupaten sehat tahun 2019 di Desa Beruas , Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat (Ist)

Markus lantas berharap, penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan perilaku dan lingkungan sehat, sehingga pada akhirnaya dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejehteraan masyarakat Babar.

"Semoga capaian ini memotivasi masyarakat agar bersama-sama dengan pemerintah daerah membangun tatanan kehidupan bermasyarakat, sebagai prakondisi mencapai masyarakat madani dan sehat. Masyarakat pun saya harapkan untuk terus meningkatkan budaya Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sebab cara seperti ini akan terus meningkatkan kesehatan lingkungan maupun keluarga kita," pungkasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappelitbangda Bangka Barat, Safrizal menjelaskan, predikat tertinggi kabupaten sehat yang diraih dua kali berturut-turut ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak di Babar.

Kabid Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappelitbangda Babar, Safrizal SE
Kabid Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappelitbangda Babar, Safrizal SE (Ist)

"Penghargaan ini karena usaha keras dari Bupati serta jajaran OPD, juga forum sejiran setason sehat, LSM Laskar Hijau, Dinas Kesehatan, dan seluruh masyarakat yang turut memberikan sumbangsi positifnya," kata Izal ditemui di ruang kerjanya, Kamis (14/11) pagi.

Menurut Izal, penganugerahan swasti saba sendiri diadakan setiap dua tahun sekali dan merupakan kerja sama antara Menteri Dalam Negeri bersama Menteri Kesehatan melalui Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor: 34 Tahun 2005, Nomor: 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

Dalam penghargaan ini, terdapat tiga kategori yaitu Swasti Saba Padapa (pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (pembinaan), dan Swasti Saba Wistara (pengembangan).

"Nah untuk di Bangka Barat kita sudah meraih Swasti Saba Padapa pada 2013 lalu, disusul Swasti Saba Wiwerda pada 2015 dan pada 2017 serta 2019 ini kita meraih predikat tertinggi kategori Swasti Saba Wistara," bebernya.

Dia berharap, penghargaan ini sekaligus menjadi pemicu lintas sektor untuk berkolaborasi mewujudkan pembangunan tidak hanya di bidang kesehatan saja tapi lebih luas cakupannya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved