Berita Pangkalpinang

STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Peringati Milad ke 8 “Bertranformasi Menjadi Universitas”

Alhamdulillah, keempat program studi tersebut telah memperoleh legalitas yang memuaskan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Peringati Milad ke 8 “Bertranformasi Menjadi Universitas”
ist
Foto STKIP 

BANGKAPOS.COM—Memperingati Milad ke 8 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB), civitas akademika melakukan berbagai kegiatan perlombaan hingga pemotongan tumpeng pada puncak acara Milad yang digelar pada Sabtu (9/11) di auditorium lantai 4 STKIP MBB.

Kegiatan ini juga disemarakkan dengan seminar nasional dan call paper serta pembagian hadiah perlombaan.
Dipaparkan oleh Ketua STKIP MBB Asyraf Suryadin bahwa STKIP MBB ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai perguruan tinggi swasta pada 26 Agustus 2011,

“Atas nama STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, saya ucapkan selamat kepada kita semua, para dosen, para alumni, para tenaga kependidikan, para mahasiswa dan semua pihak yang telah menjadi mitra STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung ikut serta membangun STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung selama ini,”papar Asyraf dalam sambutannya. Tak lupa ia juga mengucapkan terimakasihnya kepada para pendiri STKIP serta para orang tua yang telah mempercayakan pendidikannya ke kampus ini.

Dikatakan lebih lanjut, proses transformasi STKIP MBB sejalan dengan perkembangan zaman 4.0, sehingga menuntut adanya transformasi dan perubahan yang cepat di berbagai aspek. Saat ini STKIP MBB telah bertransformasi dari yang semula memiliki 2 program studi (PGSD dan PJKR) hingga tahun 2017 bertambah 2 program studi baru (Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris).

“Alhamdulillah, keempat program studi tersebut telah memperoleh legalitas yang memuaskan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan saat ini STKIP MBB sedang dalam proses perubahan menjadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung,” tegas Asyraf.

Demikian juga dengan jumlah mahasiswa, total mahasiswa sejak 2011 hingga 2018 sebanyak 1.354 orang yang terdiri dari 58 orang di tahun 2011, 176 orang di tahun 2012, 160 orang di tahun 2013, 259 orang di tahun 2014, 358 orang di tahun 2015, 284 orang di tahun 2016, 202 orang di tahun 2017, 223 di tahun 2018, dan 222 di tahun 2019.

Di bidang pendidikan, lanjutnya, STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung memiliki tenaga pendidik berkualifikasi Strata 2 yaitu sebanyak 47 orang dosen dan 1 orang bergelar Doktor. Sebanyak 23 dosen telah memiliki jenjang kepangkatan akademik di antaranya 3 Lektor dan 25 Asisten Ahli. Sebanyak 12 dosen telah memiliki sertifikat pendidik.

“Selain itu, sebanyak 3 orang dosen saat ini sedang menempuh pendidikan doktor baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 4 orang tenaga kependidikan sedang menempuh pendidikan magisternya,” tambahnya.

Asyraf berharap peringatan milad ke-8 ini sebagai check point untuk mengevaluasi sehingga kampus ini mampu menjadi tempat pendidikan bagi insan pendidik yang berkemajuan dan mencerahkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kepulauan Bangka Belitung beserta jajaran, Ketua Badan Pembina Harian STKIP, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah, Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah dan undangan lainnya.

Disamping itu dalam seminar nasional ini menghadirkan Dr. dr. B.M. Wara Kushartanti, M.S dari Universitas Negeri Yogyakarta, Dewi Satria Elmiana, M.Pd.,Ph.D. dari Universitas Mataram, dan Dr. Fahrurrozi, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta. (*)

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved