2020, Tak Diizinkan Menikah Jika Belum Lulus Pembekalan Berlaku Bagi Semua Pasangan dan Agama

Aturan tak diizinkan menikah jika belum lulus pembekalan pranikah akan berlaku bagi semua pasangan yang akan menikah apapun agamanya.

2020, Tak Diizinkan Menikah Jika Belum Lulus Pembekalan Berlaku Bagi Semua Pasangan dan Agama
Tribunnews.com
Ilustrasi pernikahan 

BANGKAPOS.COM - Aturan tak diizinkan menikah jika belum lulus pembekalan pranikah akan berlaku bagi semua pasangan yang akan menikah apapun agamanya.

Hal tersebut disampaikan Deputi VI Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Kemenko PMK) Ghafur Darmaputra saat dihubungi Kompas.com, Jumat (15/11/2019).

"Nantinya ini berlaku untuk semua yang akan menikah, tidak melihat agamanya," ujar Ghafur.

Meskipun berlaku bagi semua pasangan yang akan menikah, kata dia, namun akan ada target peserta yang terkena aturan tersebut.

Hanya saja, penentuan peserta tersebut masih akan dibahas lebih lanjut lagi.

"Akan ada target pesertanya, tapi penentuan pesertanya masih akan dibahas," kata dia.

Pihaknya memastikan bahwa rencana penerapan aturan ini adalah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki kualitas manusia Indonesia dari hulu.

Antara lain untuk menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang sehat seperti bebas dari stunting, cacat, dan lainnya.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy menginginkan agar Kantor Urusan Agama (KUA) bersama kementerian terkait memberikan pembinaan pranikah secara menyeluruh, mulai dari aspek keagamaan hingga gizi anak.

"Kita ingin revitalisasi. Selama ini kan hanya KUA dan menurut saya belum mantap. Karena itu dengan melibatkan kementerian yang terkait misalnya untuk bidang kesehatan reproduksi," ujar Muhadjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/11/2019).

Halaman
123
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved