Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ada 74 Kafe dan Resto yang Tersebar di Pangkalpinang, Pengusaha Wajib Setor Pajak

Pangkalpinang kini terdapat banyak kafe maupun resto yang dijadikan tempat nongkrong, makan, hingga kumpul bersama keluarga.

Penulis: | Editor: nurhayati
Bangkapos/M. Ismunadi
Restoran Bebek Tepi Sawah, Jalan A Yani 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pangkalpinang kini terdapat banyak kafe maupun resto yang dijadikan tempat nongkrong, makan, hingga kumpul bersama keluarga.

Keberadaan kafe dan restoran ini tentunya menambah pendapatan daerah karena pelaku usaha yang omsetnya diatas Rp 1,5 juta wajib menjadikan usahanya sebagai wajib pajak dan menyetor pajak restoran tiap bulannya.

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Pangkalpinang, Budiyanto, mengatakan, ada 74 kafe serta resto yang terdata dan tersebar di tiap kecamatan yang ada di wilayah Pangkalpinang.

Menurutnya, untuk spesifik tempat maupun lokasi diatur oleh pelaku usaha tersebut. Hanya saja, dalam hal perizinan dikeluarkan oleh dinas pelayanan terpadu satu pintu. Pihaknya, dalam hal ini hanya berwenang dalam pengawasan pajak saja.

"Kami selalu melakukan pendataan kafe maupun resto yang baru muncul. Didatangi dan diberikan sosialisasi dulu baru nanti bisa menjadi wajib pajak," kata Budiyanto, Jumat (14/11/2019).

Sebanyak 74 kafe dan restoran yang terdata itu, setiap waktu juga dilakukan evaluasi apakah masih beroperasi atau tidak. Ke-74 tempat tersebut membayar pajak restoran melalui sistem tapping box.

Menurutnya, 41 diantaranya sudah terpasang dan berjalan sedangkan sisanya tinggal menunggu alat untuk pemasangannya.

Pemasangan tapping box ini pun disesuaikan dengan kafe maupun resto yang dinilai potensial menambah pendapatan daerah.

"Kemungkinan kafe dan resto ini akan terus bertambah. Yang kami pasang tapping box, lihat dari potensialnya atau tempat-tempat yang besar maupun berpotensi ramai kunjungan," ungkap Budi.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved