Berita Pangkalpinang

Incar Destinasi Wisata Kuliner, Dinas Pariwisata Pangkalpinang Data Kafe dan Resto

Menjamurnya cafe dan resto di Pangkalpinang menjadi potesi sehingga munculnya destinasi pariwisata baru khususnya kuliner.

Incar Destinasi Wisata Kuliner, Dinas Pariwisata Pangkalpinang Data Kafe dan Resto
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala Dinas Pariwisata Pangkalpinang, Eti Fahriaty 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Menjamurnya cafe dan resto di Pangkalpinang menjadi potesi sehingga munculnya destinasi pariwisata baru khususnya kuliner. Potensi ini dijadikan sebagai daya tarik wisatawan yang sudah diincar oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang.

Dalam mendatangkan wisatawan, tentu harus ada destinasi yang harus diandalkan, baik itu wisata alam, religi hingga kulinernya.

Kepala Dinas Pariwisata Pangkalpinang, Eti Fahriaty, mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan kafe atau resto di wilayah Pangkalpinang. Terlebih mereka yang potensial dalam menyambut para pelancong untuk menikmati wisata kuliner.

"Senin nanti kami coba tanyakan lagi untuk mendata itu, karena di dinas pariwisata sudah ada kasi industri pariwisata jadi kami mulai lakukan pendataan dan bergerak," kata Eti, Jumat (15/11/2019).

Eti menyebut, selain mendata pihaknya juga memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pelaku pariwisata tersebut bagaimana menyambut dan memberikan pelayanan kepada tamu atau wisatawan.

Menurutnya, agar tempat-tempat itu dilirik banyak orang, harus memberikan pelayanan yang ramah, nyaman, sopan dan santun. Apalagi, tagline Pangkalpinang sebagai Kota Beribu Senyuman sehingga harus mencerminkan itu kepada setiap wisatawan yang datang.

Petugas restoran tetlihat sedang mempersiapkan restoran dalam rangka menyambut presiden RI
Petugas restoran tetlihat sedang mempersiapkan restoran dalam rangka menyambut presiden RI (Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Selain pelayanan dan mengutamakan kebersihan, konsep penataan juga harus menarik. Hal ini supaya pelancong kembali datang dan merindukan penyajian dari tempat tersebut.

"Kalau kami dalam mengembangkan pariwisata ini bukan hanya menonjolkan sisi wisata kuliner saja, tapi semuanya. Baik itu wisata alam, religinya juga. Semua itu harus ditawarkan," ungkap Eti.

Mengembangkan pariwisata, menurutnya, selain mempersiapkan sarana prasarana hingga fasilitas ternyaman, juga memerlukan sosialisasi dan promosi yang gencar. Jangan sampai, keindahan pariwisata hanya terngiang di beberapa kalangan saja.

Eti menambah, pihaknya mulai gencar mempromosikan paket destinasi wisata. Seperti di kampoeng tige orang yang menawarkan wisata mistis, Pantai Pasir Padi untuk rekreasi keluarga, hingga kuliner-kuliner khas yang tersebar di wilayah Pangkalpinang.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved