Masuk Rekor Muri, Tol Terpanjang dan Tercepat di Indonesia, Tol Terpeka Resmi Dibuka Presiden Jokowi

Jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), yang membentang 189 kilometer di dua provinsi

Masuk Rekor Muri, Tol Terpanjang dan Tercepat di Indonesia, Tol Terpeka Resmi Dibuka Presiden Jokowi
(Dokumentasi Hutama Karya)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Terbanggi Besar-Pematang panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer, Jumat (15/11/2019).(Dokumentasi Hutama Karya) 

BANGKAPOS.COM- Jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), yang membentang 189 kilometer di dua provinsi, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan, resmi dibuka.

Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Simpang Pematang, Kilometer 240, Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019).

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan, untuk saat ini Tol Terpeka merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia, dan merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikan.

“Ini tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin," tutur Jokowi.

Kehadiran Tol Terpeka mendorong pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, dan mendukung produksi karet, sawit dan lainnya.

Yang paling utama adalah penciptaan lapangan pekerjaan baru, sehingga berdampak pada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Begini Kabar Fiki Alman Aktor Pria yang Pernah Digerebek Bareng Angel Lelga oleh Vicky Prasetyo

Terpanjang dan tercepat

Pada kesempatan yang sama, Hutama Karya sebagai pengelola Tol Terpeka juga berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dengan memecahkan catatan pembangunan tol terpanjang.

Rest Area KM 215B Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang PanggangRoderick Adrian Mozes/Kompas.com Rest Area KM 215B Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang

Menelan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, Tol Terpeka bukan hanya menjadi tol dengan ruas terpanjang, melainkan juga tol dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved