Berita Pangkalpinang

Persyaratan Pembentukan Bangka Utara Belum Lengkap, DPRD Bangka Belitung akan Panggil Pihak Terkait

Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menindaklanjuti proses pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara.

Persyaratan Pembentukan Bangka Utara Belum Lengkap, DPRD Bangka Belitung akan Panggil Pihak Terkait
Bangkapos.com/Hendra
Komisi I DPRD Babel melakukan pertemuan dengan Forkoda Pembentukan Kabupaten Bangka Utara, Jumat (15/11/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menindaklanjuti proses pembentukan Kabupaten Kepulauan Bangka Utara.

Hal disampaikan Ketua Komisi I DPRD Babel, Helyana usai menerima Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) Pembentukan Kabupaten Bangka Utara, Jumat (15/11/1019).

Pada pertemuan tersebut  menurut Helyana, forkoda, mengakui bila persyaratan Kabupaten Bangka Utara masih ada yang kurang.

"Mereka mengakui secara normatif masih ada persyaratannya yang kurang. Ini akan kita tindaklanjuti dan akan bertemuan serta memanggil pihak terkait," ujar Helyana.

Diantara persyaratan yang kurang yakni wilayah adminiatratif. Seperti kekurangan jumlah desa dalam setiap kecamatan.

Kemudian diperlukan juga kajian akademis pendukung lainnya.

"Pemda Bangka sudah ada perda tentang pemekaran Bangka Utara ini. Sejauh mana nanti pelaksanaannya akan kita tindaklanjuti lagi," jelas Helyana.

Kabupaten Bangka Utara yang rencananya akan dibentuk baru memiliki dua kecamatan, yakni Kecamatan Belinyu dan Kecamatan Riau Silip.

Untuk memenuhi syarat administrastif, rencananya akan dibentuk juga tiga kecamatan baru.

Kemudian disetiap kecamatan setidaknya harus memiliki 10 desa dan penduduk menetap.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Babel, M Haris dalam pertemuan tersebut mengatakan pembentukan kabupaten kepulauan Bangka Utara memang memungkinkan, namun ada beberapa aspek  yang harus dilakukan agar terwujud.

"Pembentukan Kabupaten Bangka Utara ini selain melengkapi persyaratan juga butuh dukungan penuh politis, karena pembentukan kabupaten ini merupakan keputusan politis juga,"  tegas Haris.

Menurutnya, Pemprov Babel setuju saja rencana pembentukan Kabupaten Bangka Utara, tetapi, syarat dan kelengkapan harus dipenuhi sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Provinsi pada prinsipnya memberikan dukungan penuh pembentukan Kabupaten Bangka Utara ini," kata Haris. (Bangkapos.com/Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved