Berita Pangkalpinang

RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Terima Sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna

RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan Sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna

RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Terima Sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna
Bangkapos.com/Edwardi
RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan Sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna (Bintang 5) Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS Edisi 1) dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit, 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan Sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna (Bintang 5) Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS Edisi 1) dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) .

Penyerahan Sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna ini dilakukan langsung Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Dr dr Sutoto MKes kepada Pj Sekda Babel Yulizar Adnan, kemudian diserahkan kepada Direktur RSUD Dr (HC) Ir Soekarno, dr H Armayani Rusli SpB.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Babel, drg Mulyono, Forkopimda Babel, anggota DPRD Babel, para pejabat, pegawai dan undangan lainnya.

Direktur RSUD Dr (HC) Ir Soekarno, dr H Armayani Rusli SpB mengatakan awal perjalanan rumah sakit ini diawali 2 Agustus 2018 ketika dilantik menjadi direktur RSUD Provinsi.

"Awalnya rumah sakit ini dipandang sebelah mata dan dianggap sebagai puskesmas terbesar dengan jumlah kunjungan sekitar 20 persen, pasien rawat jalannya tidak banyak jadi saya berpikir bagaimana cara meningkatkannya, salah satunya bagaimana pelayanan rumah sakit ini harus paripurna terakreditasi dan hari ini sudah tercapai," kata Armayani.

Menurutnya, untuk mewujudkan akreditasi Paripurna ini lalu mendatangkan para pakar dari Jakarta, Denpasar Bali dan daerah lainnya untuk melatih para dokter,bbidan, perawat, pegawai, security, cleaning servis dan lainnya

"Terutama para dokter ini bagaimana harus bisa memberikan pelayanan bermutu sehingga masyarakat Bangka Belitung bisa menerima pelayanan tersebut," ujar Armayani.

Dilanjutkannya, seiring perjalanan waktu terus menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, RS Persahabatan, RS Jantung Harapan Kita, saat ini menjajaki kerjasama dengan RS Mohammad Husein Palembang dalam tranfers ilmu untuk pelayanan kemoterapi.

"Saat ini banyak pasien kanker yang dirujuk ke Jakarta, Palembang sehingga kita juga perlu membuka pelayanan kemoterapi ini," katanya.

Untuk itu pihaknya, saat ini juga berusaha mensejajarkan diri dengan RS Ishak di Tulung Agung yang menerima penghargaan sebagai rumah sakit terbaik di dunia dalam bidang pelayanan servis center.

"Insyaallah kita akan cloning kebaikan ini dengan mendatangkan dokter-dokter dari RS Ishak Tulung Agung kesini, semua sistem yang ada di RS Ishak nantinya akan diterapkan disini mulai dari istilah Siputri, Sitole, Laskar dan sebagainya. Kita juga sudah punya yang disebut Seperadik atau Sistem Integrasi Pelayanan Jantung Terpadu yang mengambil bahasa daerah kita Seperadik, ke depan kita juga akan menjalankan itu," jelas Armayani.

Diungkapkannya, penilaian akreditasi paripurna ini dilakukan KARS pada tanggal 1-4 Oktober 2019 lalu dan Alhamdulillah RSUD Dr (HC) Ir Soekarno satu-satunya rumah sakit yang berhasil lulus langsung tanpa remedial.

" Semuanya ini berkat support dari pak kepala dinas, sekda, wagub dan pak gubernur dan DPRD Babel, Alhamdulillah semua anggaran bisa kita dapat. Kita juga dapat tantangan ke depan untuk mendapat Sertifikat Akreditasi Internasional, sehingga orang-orang dari Singapura, Malaysia, Filipina dan lainnya bisa berobat kesini," harapnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved