Berita Pangkalpinang

Siswa PAUD Tamasha Valaq Dilatih Berdagang, Tiga Kegiatan Berlangsung Dalam Sehari

Anak-anak PAUD Tamasha Valaq memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagi kebutuhan bahan pokok kepada yang membutuhkan.

Siswa PAUD Tamasha Valaq Dilatih Berdagang, Tiga Kegiatan Berlangsung Dalam Sehari
Bangkapos/Ira Kurniati
Gernas Baku PAUD Tamasha Valaq 

BANGKAPOS.COM - Anak-anak PAUD Tamasha Valaq memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan berbagi kebutuhan bahan pokok kepada yang membutuhkan. 100 paket bahan pokok dibagikan kepada warga yang telah memegang kupon.

Tidak hanya paket sembako gratis, anak-anak juga diajarkan untuk berdagang. Mereka dibagi dalam 10 kelompok didampingi orang tuanya, anak-anak tersebut berdagang paket sembako yang terbagi dalam dua bungkusan, yakni paket Rp 25 ribu sebanyak 90 paket dan Rp 50 ribu juga 90 paket.

Ketua panitia kegiatan, Leonita Nisye Indriani, mengatakan, kegiatan anak-anak berdagang ini dinamakan market day. Jadi, 111 anak PAUD terbagi dalam beberapa kelompok, menjual paket sembako kepada orang yang memegang kupon belanja. Pemegang kupon juga bisa memilih mengambil paket sembako gratis atau ditambah dengan paket lainnya. Leonita menuturkan, dengan Rp 75 ribu bisa dapat tiga paket yang harganya jauh lebih murah daripada harga asli.

"Anak-anak ini lah yang berdagang. Mereka didampingi orang tuanya. Tadi ibu-ibunya yang menghitung uang, anak-anak bantu mengantarkan kepada warga yang membeli," kata Leonita, Sabtu (16/11/2019).

Dia menyebut, hasil penjualan paket sembako pada market day ini akan didonasikan kepada panti asuhan. Leonita menuturkan, market day selain mengajarkan anak berdagang menurut sunnah Rasulullah, ini juga menjadi momen parenting kedekatan orang tua dengan anak. Juga bagaimana kreasi orang tua agar dagangan tersebut menarik.

"Persiapan ini 14 hari. Jadi orang tua dari berbagai kelompok ini bisa berkreasi, berinovasi menyajikan yang menarik agar dagangannya dibeli," kata Leonita.

Market day PAUD Tamasha Valaq
Market day PAUD Tamasha Valaq (Bangkapos/Ira Kurniati)

Momen kekompakan orang tua dan anak, juga masih berlanjut dalam acara Gernas Baku (gerakan nasional orang tua bacakan buku). Pada kesempatan yang sama, disaat para ibu-ibu mendampingi anak berjualan sembako, bapak-bapak juga ambil alih membacakan buku kepada anak. Leonita mengatakan, dalam satu hari pihaknya langsung mengadakan tiga acara yakni pembagian paket sembako, market day hingga gernas baku.

Sementara, direktur PAUD Tamasha Valaq, Dhiah Mardiyati, menambahkan, event sekolah ini dimanfaatkan juga untuk momen parenting, yakni menjalin kedekatan orang tua dengan anak dan orang tua juga turut mendampingi kegiatan anak.

"Memang harus ada strategi untuk mengumpulkan orang tua, contohnya event-event seperti ini," tutur Dhiah.

Menurutnya, kegiatan seperti ini memiliki manfaat bukan hanya dirasakan oleh anak, tetapi bagi orang tua. Selain anak memperoleh pelajaran mengenai berdagang, orang tua juga sekaligus tau dan semakin dekat dengan anak, karena sekolah sebagai mitra orang tua mendidik anak.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved