Berita Pangkalpinang

Tiongkok Lihat Peluang Pariwisata dan Produk Perikanan Bangka Belitung

Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menjajaki peluang kerja sama pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tiongkok Lihat Peluang Pariwisata dan Produk Perikanan Bangka Belitung
(BANGKA POS / DEDY QURNIAWAN)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bertukar cendera mata dengan Konjen Tiongkok di Medan Qiu Weiwei saat kedua belah pihak bertemu di rumah dinas Gubernur, Sabtu (16/11/2019) pagi. 

BANGKAPOS.COM-- Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menjajaki peluang kerja sama pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini diungkapkan setelah rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok Qiu Weiwei di Medan bertemu dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan jajaran di rumah dinas Gubernur, Sabtu (16/11/2019).

Selain pariwisata, pada pertemuan yang berlangsung satu jam itu, kedua belah pihak juga membicarakan kerja sama kebudayaan, religi, dan peluang investasi di sektor industri.

"Yang pertama untuk silaturahmi, kedua untuk vari peluang kerja sama ke depan," kata Qiu Weiwei menjelaskan tujuan pertemuan itu.

Wanita yang baru sekitar empat bulan menjabat Konjen Tiongkok di Medan itu mengatakan, pihaknya menilai ada potensi besar pariwisata di Bangka Belitung. Pemandangannya dinilai indah, lalu produk perikanananya dinilai punya potensi ekspor ke Tiongkok.

"Kami akan berusaha mendatangkan turis Tiongkok ke sini. Dan di sini juga banyak produk perikanan yang bisa diekspor ke Tiongkok," katanya.

Menurut Qiu Weiwei, pariwisata Pulau Belitung saat ini sudah maju. Pihaknya berharap pariwisata Pulau Bangka juga dapat didukung dengan infrastruktur yang memadai.

"Bangka Belitung sama-sama potensi pariwsatanya sama-sama besar. Lebih baik pengembangan keduanya di bidang pariwisata sama-sama bisa diselaraskan, jadi potensi Bangka Belitung lebih besar lagi," tutur dia.

Tiongkok memandang Indonesia, khususnya Bangka Belitung, sebagai hubungan mitra strategis yang telah terjalin baik. Ke depan hubungan kedua negara, melalui Bangka Belitung, akan lebih dieratkan.

"Ke depan kerja sama dengan Bangka Belitung pasti akan lebih maju daripada sebelumnya. Sikap Tiongkok terbuka kepada semua negara di seluruh dunia. Indonesia, dan Bangka Belitung, juga memiliki keterbukaan yang sama, jadi kami pasti bisa cari lebih banyak bidang untuk dikerjasamakan," ucap dia.

Selain itu, Qiu Weiwei mengatakan, pihaknya juga ingin menjalin hubungan sister province (provinsi kembar) dengan provinsi-provinsi di Tiongkok. Dia menyatakan, Tiongkok memiliki 31 provinsi, satu di antaranya adalah Provinsi Fujian (Hokkien) yang sudah menjalin hubungan baik dengan Bangka Belitung.

Halaman
12
Tags
Tiongkok
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved