Wilayah Babel 80 Persen Laut, Gubernur Erzaldi Minta Pemerintah Pusat Bantu Sektor Kelautan

Erzaldi Rosman berharap Babel sebagai provinsi kepulauan mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat dalam hal pengembangan perikanan

Wilayah Babel 80 Persen Laut, Gubernur Erzaldi Minta Pemerintah Pusat Bantu Sektor Kelautan
Dokumen Bangka Pos
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berharap Babel sebagai provinsi kepulauan mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat dalam hal pengembangan perikanan dan kelautan.

"Masa wilayah Babel yang 80 persen laut tidak ada untuk pembangunan perikanan dan kelautan. PAD kita terbatas, tidak mampu membangun potensi kelautan hanya dari APBD," kata Erzaldi di sela mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Sabtu (16/11/2019).

Ia juga mengatakan tentunya APBN diharapkan dapat membangun dan membantu daerah untuk mengembangkan potensi kelautan yang sudah ada.

"Sayang potensi sangat besar tapi tidak diiringi dengan investasi yang besar di bidang perikanan. Investasi ini memang tidak begitu menarik bagi para investor, fungsi dan tugas pemerintah yang akan memasuki itu,"

Ia juga berharap kepada Menteri Kelautan dan Perikanan agar PPN (Pajak Pertambahan Nilai) daerah Kepulauan Bangka Belitung dinaikan kelas. Hal ini supaya bentuk perizinan tidak perlu lagi ke Sumatera Selatan.

"Kedua kita juga minta dibuatkan fasilitas untuk pengelolaan ikan kita artinya bila ada fasilitas maka akan terjadi hilirisasi. Kalau terjadi maka akan ada nilai tambah untuk produk ikan kita, begitu pula untuk berbagai daerah seperti kurau kita minta tambah," ungkapnya.

Ia mengatakan kedepannya akan dilakukan perbaikan dan pengembangan di PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Baturusa, akan dibuat pergudangan, produksi dan pelelangan ikan khusus untuk menampung ikan di PPI Baturusa.

"Kita sudah mendapatkan kerjasamanya, menunggu penyerahan dari Pangkalpinang sempat tertunda," katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved