Info Kesehatan

Efek Negatif Operasi Caesar Lebih dari Satu Kali, Ibu Rasakan Nyeri dan Durasi Lebih Lama

Bekas luka itu jugalah yang membuat durasi operasi cesar kedua akan berlangsung lebih lama dibandingkan operasi pertama.

Efek Negatif Operasi Caesar Lebih dari Satu Kali, Ibu Rasakan Nyeri dan Durasi Lebih Lama
WARTAKOTA
Ilustrasi bayi 

Resiko Persalinan Berulang Lewat Metode Caesar: Efeknya Nyeri dan Durasinya Lebih Lama

BANGKAPOS.COM, JAKARTAPersalinan berulang menggunakan metode caesar akan menimbulkan berbagai resiko yang dirasakan si ibu karena dibukanya kembali jahitan operasi caesar yang pertama.

Ibu yang akan melahirkan pun harus kembali berhadapan dengan ruang operasi, peralatan medik, dan berbagai prosedur jelang operasi sebelum melahirkan.

Dr. Ivander Utama SpoG yang bertugas di RSIA Bunda Jakarta dan Morula IVF Ciputat menyebutkan kalau persalinan caesar yang pertama berlangsung dengan baik, bersih dan tanpa infeksi, reaksi nyeri pada operasi kedua tidak seintens yang pertama.

“Terutama bila pemberian obat-obatan antinyerinya pada operasi optimal. Biasanya caesar kedua tidak akan memberikan rasa nyeri yang lebih intens daripada yang pertama,” ucap dr. Ivander kepada Tribunnews.com, Jumat (15/11/2019).

Namun, rasa nyeri pada persalinan caesar memang akan lebih terasa dibandingkan pertama karena adanya bekas luka caesar dari operasi sebelumnya.

Bekas luka itu jugalah yang membuat durasi operasi cesar kedua akan berlangsung lebih lama dibandingkan operasi pertama.

“Hal ini membuat operasi sesar menjadi lebih sulit, lebih lama dan membuat nyeri pasca operasi lebih intens. Tentunya nyeri ini membuat ibu lebih lama untuk pulih,” ucap dr. Ivander.

Sementara itu, jika tidak ada keluhan pasca melahirkan secara caesar biasanya pasien hanya butuh pemulihan sekitar dua sampai tiga hari untuk bisa beraktivitas produktif dan mandiri walaupun rasa nyeri pada luka masih bisa terasa hingga berbulan-bulan.

“Untuk masalah nyeri atau tidak enak pada bekas operasi, kadang masih bisa dirasakan sampai beberapa bulan tapi lambat laun akan membaik, terutama bila aktifitas fisik ibu normal,” tutur dr. Ivander.

Terakhir, dr. Ivander kembali mengingatkan pentingnya melakukan persiapan jelang kehamilan untuk melakukan persiapan prakehamilan guna memastikan kesehatan kandungan terutama untuk menilai pemulihan luka bekas sesar di rahim.

“Penting bagi ibu hamil dengan riwayat sesar untuk mendapatkan informasi yang jelas seputar tindakan sesar sebelumnya, baik dalam hal indikasi, teknik operasi, hingga kesulitan yang dialami saat sesar,” pungkas dr. Ivander. (Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di TRIBUNNEWS.COM dengan Judul Resiko Persalinan Berulang Lewat Metode Caesar: Efeknya Nyeri dan Durasinya Lebih Lama

Penulis: tidakada007
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved