Pornas XV Korpri

Jawa Barat Sabet Juara Umum Pornas XV Korpri 2019, Kalimantan Tengah Tuan Rumah 2021

Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019

Jawa Barat Sabet Juara Umum Pornas XV Korpri 2019, Kalimantan Tengah Tuan Rumah 2021
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Menpora Zainuddin Amali (tengah) menyerahkan Piala Presiden sebagai piala tetap kepada Provinsi Jawa Barat pada penutupan Pornas Kopri XV di Bangka Belitung, Senin (18/11/2019). Upacara penutupan berlangsung di GOR Sahabuddin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) XV 2019 di Bangka Belitung, 10-18 November 2019. Jawa Barat menjadi juara umum pada gelaran kali ini dengan mengoleksi tujuh emas, dua perak, dan delapan perunggu.

Ini adalah juara umum tiga kali berturut-turut yang diraih Jawa Barat. Atas raihan ini, Piala Presiden menjadi piala tetap untuk Jawa Barat.

"Sesuai aturan, sebagai provinsi yang juara umum tiga kali berturu-turut, maka Piala Presiden akan menjadi piala tetap untuk Jawa Barat," kata Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakrulloh pada upacara penutupan Pornas Korpri XV di GOR Sahabuddin, Bangka Tengah, Senin (18/11/2019).

Adapun juara kedua disabet Provinsi Jawa Timur dengan perolehan lima emas, lima perak dan tujuh perunggu. Lalu, juara ketiga diraih Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan raihan lima emas, tiga perak dan dua perunggu.

Selain mengumumkan para pemenang, Zudan juga menyampaikan provinsi yang akan menjadi tuan rumah pada Pornas Korpri XVI 2021.

"Tahun 2021 kami menunjuk Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah," ujar Zudan

Adapun Bangka Belitung hanya berhasil menduduki peringkat 14 dengan raihan satu emas dan satu perunggu. Zudan mengapresiasi Bangka Belitung selaku tuan rumah pada Pornas kali ini.

"Provinsi Bangka Belitung, bapak ibu semuanya, hebat luar biasa," ucapnya

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali turut hadir pada upacara penutupan kali ini. Dia mendukung dan mengapresiasi upaya Korpri melaksanakan event ini secara rutin, dua tahun sekali

"Ini berarti Korpri juga punya kepedulian terhadap olahraga di tanah air. Karena tetus terang kalau hanya diserahkan kepada Kemenpora saja, maka olahraga kita pasti akan berkembang, tidak akan memasyarakat, dan tidak akan diminati seluruh rakysat Indonesia," tutur dia.

"Korpri ambil bagian dalam rangka pelaksanaan olahraga, pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi, karena itu saya mendukung eksisten Korpri di tengah-tengah ASN atau pegawai negeri kita," kata Zainuddin Amali

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah berterima kasih atas partisipasi seluruh kontingen Pornas Korpri. Dia juga berterima kasih Bangka Belitung telah diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah pada event kali ini.

"Alhamdulillah pelaksanaaan Pornas Korpri di Babel ini telah berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Penutupan Pornas XV Korpri di Bangka Belitung diisi dengan penampilan tari dan senam kreasi seperti Tari Kota Kapur, dan senam Bedincak. Ada pula penampilan penyanyi ibu kota, Kristina. 

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved