Berita Pangkalpinang

Kakanwil Kemenag Bangka Belitung Sebut Kursus Pra Nikah Tidak untuk Memberatkan Pengantin

Kepala Kanwi Kemenag Babel mengatakan pelaksanaan pra nikah sudah berjalan yang biasa sucantin (kursus calon pengantin)

Kakanwil Kemenag Bangka Belitung Sebut Kursus Pra Nikah Tidak untuk Memberatkan Pengantin
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Muhammad Ridwan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Muhammad Ridwan mengatakan pelaksanaan pra nikah sudah berjalan yang biasa sucantin (kursus calon pengantin).

"Ini sudah berjalan diseluruh kabupaten kota, melalui kantor urusan agama (KUA) masing-masing tetapi ada dua hal versi yang dilaksanakan," jelas Ridwan saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, versi pertama dilaksanakan kursus pra nikah tanpa anggaran pemerintah selama 3 jam dan versi kedua program yang dilaksanakan oleh pemerintah selama 3 hari kurang lebih selama 18 sampai 24 jam.

"Jadi memang sudah berjalan, mungkin wacana yang dikatakan beliau (Menteri Muhadjir-red) mengenai wacana pranikah ingin memastikan pelaksanaan secara digemborkan lagi. Memang sekarang kuota kursus terbatas hanya untuk 700-an orang padahal dalam satu tahun ada ribuan yang menikah," terangnya.

Ia berharap, dengan terangkat kembali ke media mengenai kursus pra nikah ini sehingga anggaran dan kuota yang disediakan sebelumnya yang tidak terpenuhi bisa meningkat juga.

"Kursus pra nikah ini juga sangat perlu, karena di situ diberikan nasihat perkawinan, mereka saling memahami kelebihan dan kekurangan, diberikan bimbingan terkait ibadah, dan memahami fikih. Sehingga calon pengantin memperoleh pencerahan. Apabila terjadi perselisihan kemudian hari mudah untuk rukun kembali," kata Ridwan.

Ia menegaskan, kebutuhan untuk menikah itu cukup harus sah secara agama dan sah secara hukum sisanya kembali kepada individu masing-masing untuk materi dan sebagainya. Kursus pra nikah tersebut tidak bermaksud memberatkan seseorang untuk menikah.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved