Berita Sungailiat

Kantor Bahasa Gelar Penyuluhan Bahasa Bagi ASN

Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Badan Publik Kabupaten Bangka

Kantor Bahasa Gelar Penyuluhan Bahasa Bagi ASN
Bangkapos.com/Edwardi
Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Badan Publik Kabupaten Bangka diikuti perwakilan OPD pemkab Bangka di Hotel ST 12 Sungailiat, Senin (18/11/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Badan Publik Kabupaten Bangka diikuti perwakilan OPD Pemkab Bangka di Hotel ST 12 Sungailiat, Senin (18/11/2019).

Kegiatan ini dibuka Sekda Bangka diwakili Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Surta

Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung, Yani Paryono mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menertibkan penggunaan Bahasa Indonesia di ranah badan publik, yakni instansi pemerintah dan swasta.

"Ranah di badan publik itu menyangkut nota dinas, surat dinas, laporan dinas dan lainnya harusrnggunakan Bahasa Indonesia sesuai Perpres No. 63 Tahun 2019 merupakan penjabaran UU RI No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Lambang Negara, Bahasa dan Lagu Kebangsaan, itu merupakan simbol-simbol negara," kata Yani.

Dilanjutkannya, Bahasa Indonesia sebagai salah satu simbol negara selama ini terkesan diabaikan sebagian rakyat Indonesia, karena faktor ketidaktahuan.

"Untuk mempersatukan Bangsa Indonesia saat ini yang masih bisa dipercaya yakni Bahasa Indonesia, baik dari ujung timur hingga barat Indonesia, dimana 718 bahasa daerah disatukan dengan Bahasa Indonesia," ujar Yani.

Para ASN dan pegawai swasta saat ini bisa berbahasa Indonesia, tapi tidak yakin kalau bisa mahir berbahasa Indonesia.

"Kegiatan inilah salah satu jawaban untuk memahirkan para ASN dan pegawai agar tertib dan mahir menggunakan Bahasa Indonesia. Baik dalam tata tulis atau ejaan, bentuk dan pilihan kata, kalimat, paragraf itu masih banyak kelemahan yang belum sesuai aturan Bahasa Indonesia," tukas Yani.

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved