Berita Pangkalpinang

30 Siswa SMK Mengikuti Uji Kompetensi Pramuwisata

Sebanyak 30 peserta pramuwisata ( tour guide ) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis dan Uji Kompetensi yang berlangsung 18-20 November 2019.

30 Siswa SMK Mengikuti Uji Kompetensi Pramuwisata
Bangkapos/Agus N
Foto bersama saat kegiatan pelatihan, Bimtek dan uji kompetensi pramuwisata (tour guide) di Soll Marina Bangka. 

BANGKAPOS. COM, BANGKA--Sebanyak 30 peserta pramuwisata ( tour guide ) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis dan Uji Kompetensi yang berlangsung 18-20 November 2019.

Pelatihan dan uji kompetensi berlangsung di Soll Marina Bangka, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Babel A Rivai, Kabid SMK Dinas Pendidikan Babel Hamdani, Executive General Manager PT Angkasa Pura Ii Bandara Depati Amir Chuanda serta Tim Fasilitasi CSR Provinsi Bangka Belitung, Tim Fasilitasi CSR Kabupaten Bangka Tengah, Kepala SMK N 3 Pangkalpinang dan Kepala SMK N 1 Pangkalan Baru dan FHR Manager Wafroni Frisnandi berserta jajaran.

Kegiatan ini mendatangkan assesor dan narasumber dari BNSP untuk sertifikasi/uji kompetensi.

EGM PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Chuanda menjelaskan bahwa pelatihan tour guide merupakan salah satu program untuk mendukung Program Pemerintah.

Chuanda mengatakan, pemerintah daerah sekarang sangat menggalakkan sektor parwisata. Diharapkan yang dahulunya masyarakat menambang timah dapat beralih ke sektor pariwisata.

"Adanya pelatihan ini juga diharapkan dapat menciptakan SDM dan profesi pramuwisata yang unggul yang mampu bersaing," ungkapnya.

Chuanda menambahkan bahwa pelatihan dan uji kompetensi merupakan Bantuan Program Bina Lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) Tahun 2019 pada sektor Pelatihan/Pendidikan.

Ia menyebutkan, tahun 2020 akan memasuki era industri 4.0 yang lebih mengarah ke IT. Sehingga pramuwisata perlu dibekali dengan pelatihan dan Bimtek.

Chuanda menjelaskan bahwa PT AP II Bandara Depati Amir pada tahun sebelumnya, membekali 10 orang mengikuti pelatihan las di Surabaya.

30 peserta merupakan pilihan dari siswa SMKN 3 Pangkalpinang dan SMKN 1 Pangkalanbaru Bangka Tengah.

Peserta diajak untuk melihat-lihat potensi wisata yang ada di Kota Pangkalpinang yaitu Pantai

Pasir Padi, Museum Timah, Museum Cual dan Jembatan Emas. (Bangkapos/Agus N)

Penulis: agusrya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved