Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bocah SD Ini Gemetar Dites Hafalan Al Quran oleh Gubernur, Lalu Bawa Pulang Hadiah Rp5 Juta

Bocah SD tersebut dites Gubernur soal kemapuan hapalan ayat Al Quran-nya. Dari dua ayat yang jadi soal, Firly berhasil menuntaskan hafalannya.

Penulis: Dedy Qurniawan | Editor: khamelia
(BANGKA POS / DEDY QURNIAWAN)
Gubernur Erzaldi Rosman saat mengetes Firlu, bocah SD penerima beasiswa Tahfiz Al Quran dari Pemprov Babel di Gedung Mahligai, Kantor Gubernur, Selasa (19/11/2019). 

BANGKAPOS.COM- Firly gemetar karena gugup sewaktu dites Gubernur Kepuluan Bangka Belitung Erzaldi Rosman di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Selasa (19/11/2019). Dia merupakan satu dari sejumlah penerima beasiswa Tahfiz Quran dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bocah SD tersebut dites Gubernur soal kemapuan hapalan ayat Al Quran-nya. Dari dua ayat yang jadi soal, Firly berhasil menuntaskan hafalannya.

Dia pun mendapatkan hadiah uang Rp5 juta untuk dua hafalan ayat tersebut. "Ibunya mana. Nanti digunakan untuk pendidikan Firly, ok? Jangen dibeli kek emas ok," seloroh Erzaldi pada acara itu.

Sebanyak 577 Siswa, Mahasiswa dan Tahfidz Qur’an berprestasi dan kurang mampu, menerima Beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Mereka yang menerima beasiswa dan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, terdiri dari Siswa/Santri Tahfiz 156 orang, Mahasiswa Tahfidz 10 orang, Mahasiswa Miskin dalam daerah 231, Mahasiswa berprestasi dalam daerah 40 orang, mahasiswa berprestasi luar daerah 40 orang, kerja sama luar daerah (UNY) 13 orang, peraih nilai UNBK 100 sebanyak 71 orang, dan Pemenang STQ tingkat Provinsi 16 orang.

"Penyaluran ini, langsung ke rekening masing - masing penerima bantuan tanpa ada potongan satu sen pun. Kalau ada potongan, lapor kepada saya," kata Erzaldi pada acara tersebut.

Pemprov Babel telah menggelontorkan Anggaran sebesar 18 miliar rupiah untuk bantuan kepada siswa dan mahasiswa juga Tahfidz dari 1 juz hingga 30 juz pada tahun 2019 ini.

Ia berharap, tahun depan dapat lebih besar lagi anggaran yang dapat diberikan untuk membantu siswa, mahasiswa dan Tahfidz.

"Insyaallah ke depan akan kami tingkatkan totalnya jadi Rp20 miliar. Ini perlu terus kami tingkatkan, karena masih banyak saudara-saudara kita yang masib belum beruntung secara finansial, dan sebetulnya mereka sangat mampu bersaing dalam menuntut ilmu," tutur Erzaldi.

*kuota terbatas

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M. Soleh mengatakan, pihaknya banyak menerima pengajuan beasiswa masyarakat Babel beprestasi dari luar daerah (yang menemupuh pendidikan tinggi di luar Babel). Jumlahnya mencapai 900 pengajuan, sementara kuota terbatas.

Masyarakat bisa mengajukan permohonan beasiswa dan mengikuti ketentuan dan persyaratan yang ada.

"Ini sudah kami sampaikan terbuka. Kami sampaikan lewat media, lewat websites kami, dan ke perguruan,perguruan tinggi. Antara mahasiswa juga saling share," katanya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved