Berita Pangkalpinang

Erzaldi Soroti Menurunnya DBH untuk Bangka Belitung, Imbas Lesunya Perekonomian Global

Erzaldi Rosman menyoroti menurunnya realisasi Dana Bagi Hasil (DBH) yang diterima Bangka Belitung

Erzaldi Soroti Menurunnya DBH untuk Bangka Belitung, Imbas Lesunya Perekonomian Global
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Foto bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan pejabat terkait saat melaksanakan penyerahan DIPA 2020 di lingkup Provinsi Babel, Selasa (19/11/2019). Acara berlangsung di ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyoroti menurunnya realisasi Dana Bagi Hasil (DBH) yang diterima Bangka Belitung pada 2019. Realisasi DBH berkurang drastis yakni sekitar Rp305 miliar. 

Hal ini ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah & Dana Desa (TKDD) lingkup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk Tahun Anggaran 2020 di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, ini harus menjadi perhatian karena tidak serta merta hal ini terjadi karena nilai ekspor hingga kinerja yang buruk. Ke depan, potensi pendapatan pajak yang masih bisa digali diharapkan bisa digenjot lagi.

"Ini perlu dikaji bersama," katanya.

Kepada wartawan seusai acara, Erzaldi mengatakan penurunan DBH tak bisa dilepaskan dari pengaruh perekonomian global yang lesu. Imbasnya adalah menurunnya ekspor timah dan rendahnya harga timah dunia sehingga turut berdampak pada berkurangnya DBH.

"Tetapi kita harus optimistis apa yang diraih. Ke depan, mudah-mudahan apa yang ada diefektifkan dan efisienkan. Potensi yang ada terus digali, agar daerah kita bisa survive sekalipun ekonomi dunia kurang baik seperti sekarang," kata Erzaldi.

Segera Laksanakan Kegiatan Pemerintah

Belanja pemerintah dalam APBN 2020 untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dialokasikan sebesar Rp9,92 trilyun. Ini terdiri dari 280 DIPA senilai Rp2,71 trilyun dan alokasi TKDD sebesar Rp 7,21 trilyun.

Rinciannya, alokasi TKDD Rp7,21 Trilium untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari Dana Alokasi Umum Rp4,5 triliun, Dana Bagi Hasil Rp554,4 miliar, Dana Alokasi Khusus Non Fisik Rp777,1 miliar, Dana Insentif Daerah Rp160,7 miliar, dan Dana Desa
Rp321,7 miliar.

Erzaldi mengatakan, sesuai instruksi presiden, untuk mempercepat pelaksanaan DIPA, kegiatan-kegiatan pemerintah sudah bisa segera dikontrak dan dilelang untuk dilaksanakan.

Halaman
123
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved