Berita Bangka Selatan

Soal Sertifikasi Pranikah, Begini Tanggapan Ketua MUI Bangka Selatan

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bangka Selatan, Zahirin menanggapi aturan sertifikasi pranikah

Soal Sertifikasi Pranikah, Begini Tanggapan Ketua MUI Bangka Selatan
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bangka Selatan, Zahirin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bangka Selatan, Zahirin menyatakan sebenarnya aturan pranikah sudah ada sejak lama.

Menurutnya aturan bagi calon pengantin ini kadang menjadi permasalahan karena calon pengantin bersangkutan kerap berbenturan dengan usia nikah.

"Permasalahannya kan kadang ada yang berebenturan sehingga dianggap menyulitkan meskipun kenyataannya tidak demikian," ucap Zahirin pada Selasa, (19/11/2019).

Zahirin melanjutkan jika sertifikasi pranikah sebenarnya bertujuan baik sebagai pembekalan dan pemantapan kepada calon pengantin.

"Pada dasarnya sertifikasi pranikah ini hampir sama dengan Kursus Calon Pengantin (Sucatin) yang sudah kita lakukan selama ini, hanya saja disertai dengan sertifikat," tuturnya

Sucatin ucap Zahirin dalam pelaksanaannya tidak hanya sebatas pembekalan yang bersifat lisan, tetapi juga pembekalan secara teknis baik itu kesehatan dan pengetahuan sehingga calon pengantin benar-benar mengetahui bagaimana membina rumah tangga.

Dengan ada sertifikasi ini, maka calon pengantin benar-benar dianggap mengetahui dan dinyatakan siap menjadi keluarga yang baru dan disertai dengan sertifikat yang resmi yang dikelurkan oleh negara.

Kepada para calon pengantin, Zahirin mengimbau untuk tidak merasa risau dengan adanya sertifikasi pranikah ini karena tujuannya adalah demi kebaikan keluarga baru yang aka membina rumah tangga.

(bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved