Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tensi Tinggi Jelang Laga Timnas Indonesia vs Malaysia, Indonesia Pernah Gunduli Malaysia 6-0

Timnas Indonesia pernah mencukur Malaysia dengan skor telak 6-0 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada ajang SEA Games 1999

Tensi Tinggi Jelang Laga Timnas Indonesia vs Malaysia, Indonesia Pernah Gunduli Malaysia 6-0
BangkaPos
HARUS MENANG - Pemain Tim Nasional Indonesia, Ilham Udin Armaiyn (tengah) dijepit dua pemain Timnas Malaysia dalam pertandingan kualifikasi Grup B Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (18/9/2013) malam. Timnas Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner-up grup setelah menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1. Surya/Erfan Hazransyah 

BANGKAPOS.COM, KUALA LUMPUR -  Rivalitas Timnas Indonesia dan Malaysia di pentas sepakbola selalu melibatkan emosi penuh bagi kedua negara. Bukan hanya kemenangan semata yang diperebutkan, namun setiap kali tim Garuda bertemu Malaysia, pertandingan juga selalu merebutkan gengsi dan harga diri.

Untuk itulah tidak mengherankan, ketika Timnas Indonesia bertemu Malaysia di kancah apapun, aura pertandingan pasti diwarnai dengan tensi tinggi.

Perseteruan antara Indonesia dan Malaysia tak lepas dari sejarah panjang dua negara serumpun ini, baik di lapangan hijau maupun di luar lapangan. Bahkan rivalitas Timnas Indonesia dan Malaysia juga tak lepas dari sejarah konfrontasi kedua negara.

.

Kita semua tahu dan memahami, Ganyang Malaysia selalu menjadi slogan Indonesia ketika menghadapi negara serumpun, sekaligus sang tetangga. Proklamator Republik Indonesia, Ir Soekarno mempopulerkan semangat ini ketika konfrontasi Indonesia dan Malaysia soal masa depan Pulau Kalimantan.

.

Dalam sejarah tercatat, Timnas Indonesia dan Malaysia pertamakali bertemu pada 1957 lalu di ajang Piala Merdeka, Hong Kong. Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang setelah sempat tertinggal 1-2.

Legenda PSMS Medan, Saari menjadi penentu kemenangan Indonesia melalui dua gol untuk mengantarkan kemenangan Indonesia.
Laga ini menjadi tonggak sejarah rivalitas Indonesia dan Malaysia di pentas sepak bola.

MILITAN Ribuan suporter Tim Nasional Indonesia yang tidak bisa masuk ke dalam stadion nonton bareng melalui layar lebar di luar stadion saat Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia dalam pertandingan kualifikasi Grup B Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (18/9/2013) malam. Timnas Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner-up grup setelah menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1. Surya/Erfan Hazransyah
MILITAN Ribuan suporter Tim Nasional Indonesia yang tidak bisa masuk ke dalam stadion nonton bareng melalui layar lebar di luar stadion saat Timnas Indonesia melawan Timnas Malaysia dalam pertandingan kualifikasi Grup B Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (18/9/2013) malam. Timnas Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner-up grup setelah menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1. Surya/Erfan Hazransyah (BangkaPos)

Dari rekor pertemuan, Indonesia masih memimpin atas Malaysia dalam 66 kali pertemuan. Indonesia mengamankan 30 kemenangan, 15 imbang, dan 21 kekalahan sejak pertama kali bertemu pada ajang Piala Merdeka 1957 lalu.

Rekor kekalahan dan kemenangan terbesar kedua tim juga tercatat mirip. Indonesia pernah mencukur Malaysia dengan skor telak 6-0 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada ajang SEA Games 1999, melalui gol yang dicetak oleh Bambang Pamungkas (2 gol), Rochi Putiray (2 gol), Hariyanto Prasetyo dan Ali Sunan.

Halaman
123
Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved