Kualifikasi Piala Dunia 2022

Ternyata Timnas Indonesia Pernah Hadapi Keperkasaan Argentina di Piala Dunia

Menghadapi rival abadi Malaysia bukan hal yang mudah bagi Timnas Indonesia dalam laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Selasa (19/11/2019)

surya
HARUS MENANG - Pemain Tim Nasional Indonesia, Ilham Udin Armaiyn (tengah) dijepit dua pemain Timnas Malaysia dalam pertandingan kualifikasi Grup B Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (18/9/2013) malam. Timnas Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner-up grup setelah menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1. Surya/Erfan Hazransyah 

BANGKAPOS.COM - Menghadapi musuh abadi Malaysia bukan hal yang mudah bagi pasukan Timnas Indonesia yang bakal bertanding di laga kelima kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Selasa (19/11/2019) malam ini.

Laga sarat gengsi antara Timnas Indonesia versus Malaysia ini akan digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, pada Selasa (19/11/2019).

Terepas dari pertandingan tersebut, Indonesia lebih beruntung dibanding Malaysia di pentas bola dunia U-20.

Nama-nama Pemain Timnas Indonesia Lawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Malam Ini

Setidaknya, Timnas Indonesia pernah berlaga di level tersebut. Untuk itulah tidak berlebihan jika FIFA akhirnya resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Sejarah mencatat Timnas Indonesia pernah berlaga di ajang yang jadi etalase wonderkid seantero jagat.

Pada gelaran piala dunia U-20 1979 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Indonesia mendapat tiket gratis untuk berlaga di ajang tersebut.

VIDEO Live Streaming Timnas Indonesia vs Malaysia Malam Ini di TVRI Pukul 19.45 WIB

Betul memang, tiket tersebut diperoleh Indonesia bukan melalui kualifikasi, melainkan karena keberuntungan dan faktor politis.

Tiket yang diperoleh Indonesia disebabkan karena Irak mengundurkan diri di perhelatan tersebut, sementara Korea Selatan yag berposisi sebagai runner up Piala Asia Junior 1978, menolak menggantikan posisi Irak.

Posisi itu membuat Indonesia yang gugur di perempat final Piala Asia Junior 1978 akhirnya memperoleh tiket gratis dan terpilih mengikuti putaran final Piala Dunia U-20 1979 digelar 25 Agustus-7 September.

Tensi Tinggi Jelang Laga Timnas Indonesia vs Malaysia, Indonesia Pernah Gunduli Malaysia 6-0

Hasil undian Piala Dunia U-20 1979 menempatkan Indonesia bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia di Grup B, yang kala itu tergolong sebagai grup neraka.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 kala itu Sutjipto Suntoro dan anak-anak asuhannya harus meladeni Argentina yang dipimpin Diego Armando Maradona, sebagai favorit juara.

Kisah saat Timnas Indonesia Ditaklukkan 5-0 oleh Diego Maradona dkk di Piala Dunia U-20 1979

Sesuai prediksi, Maradona yang akhirnya menjadi legenda hidup sepakbola Argentina ini mampu membuat barisan pertahanan Indonesia babak belur. Argentina menang 5-0 tanpa balas atas Indonesia pada 26 Agustus 1979.

Kala itu Maradona muda memborong dua gol, sedangkan tiga gol Argentina lainnya disarangkan Ramon Diaz.

Itu juga mengawal rentetan hasil buruk Indonesia lainnya di penyisihan grup Piala Dunia U-20. (*)

Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved