Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia vs Malaysia Kualifikasi Piala Dunia 2022, Peringkat FIFA hingga Rekor Kedua Tim

Jelang pertandingan di Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019), Malaysia melambung 13 peringkat di atas Indonesia, yaitu 158 berbanding 171 di daftar FIFA.

Timnas Indonesia vs Malaysia Kualifikasi Piala Dunia 2022, Peringkat FIFA hingga Rekor Kedua Tim
Skuat timnas Indonesia untuk Kualifikasi babak kedua Piala Dunia 2022 zona Asia.
Skuat timnas Indonesia untuk Kualifikasi babak kedua Piala Dunia 2022 zona Asia. 

BANGKAPOS.COM - Kata sutradara kondang Oliver Stone, "Jangan sekali-kali meremehkan kekuatan dari rasa cemburu dan iri hati untuk menghancurkan sesuatu". Ini yang bisa ditanamkan di benak awak timnas Indonesia.

Rangkaian laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang baru berlalu bikin ngiri sekaligus deg-degan.

Iri melihat hasil-hasil bagus yang diraih negara tetangga kita. Deg-degan atau harap-harap cemas menunggu hasil akhirnya gimana saat menghadapi Malaysia nanti.

Bukannya pesimistis, tapi kondisi papan klasemen dan hasil-hasil laga sebelumnya menjadi bukti ada yang tidak sinkron antara hajat dan realitas.

Kamis (14/11/2019), Malaysia mampu menghajar Thailand 2-1 untuk melengserkan Tim Gajah Perang dari pucuk klasemen Grup G.

Pada hari yang sama, Vietnam lebih keren karena mampu membungkam Uni Emirat Arab 1-0 untuk mengakuisisi tempat Thailand.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Malaysia, Harimau Malaya Pincang

Dua laga tersebut hendaknya dijadikan semacam wake-up call. Alarm, atau tamparan agar terbangun melihat ke arah mana dinamika sepak bola regional Asia Tenggara saat ini.

Harus diakui walau menyakitkan, kini Thailand dan Vietnam mungkin tak lagi melihat timnas Indonesia sebagai rival sepadan.

Fokus dan target mereka bukan level ASEAN lagi, tapi mencoba bersaing dengan negara-negara mapan Timur Tengah atau raksasa Asia Timur semacam Jepang dan Korea Selatan. Sudah level kontinental.

Kesuksesan Thailand dan Vietnam mengalahkan Uni Emirat Arab menjadi bukti gebrakan mereka di Piala Asia 2019 bukan kebetulan. Ini dilanjutkan hingga kualifikasi Piala Dunia.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved