Ustadz Kurnia : Kursus Pranikah Dalam Islam Sudah Dilaksanakan Sejak Awal Usia Baligh

Ustadz H Muhammad Kurnia, Lc., MA, Ketua Alumni Al Azhar Mesir, Bangka Belitung sekaligus Penceramah dan Dosen mengatakan terkait kursus pranikahan

Ustadz Kurnia : Kursus Pranikah Dalam Islam Sudah Dilaksanakan Sejak Awal Usia Baligh
Ist/Humas Kantor Kementrian Agama Pangkalpinang
Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kloter 8 Palembang (PLM), Ustad Kurnia 

Ustadz Kurnia : Kursus Pranikah Dalam Islam Sudah Dilaksanakan Sejak Awal Usia Baligh

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ustadz H Muhammad Kurnia, Lc., MA, Ketua Alumni Al Azhar Mesir, Bangka Belitung sekaligus Penceramah dan Dosen mengatakan terkait kursus pranikahan, sebenarnya dalam Islam ini sudah dilaksanakan sejak awal mula seorang Muslim memasuki usia baligh.

"Hanya saja sajian ilmu yang diberikan secara berkala itu yang menjadikannya sangat bermanfaat di kemudian hari. Intinya apa yang diajarkan sebelum melangkah pada jenjang pernikahan adalah muatan ilmu yang sangat berguna, terlebih bagi para calon pengantin yang nantinya mereka juga akan menjadi orangtua bagi anak-anak mereka," terang ustaz Kurnia kepada bangkapos.com, Selasa(19/11/2019).

Menurutnya sangat penting kepada calon pengantin untuk diberikan penyuluhan yang berkaitan dengan dunia pernikahan, dan termasuk gambaran kedepannya setelah pernikahan dilaksanakan.

"Meskipun tanpa ada regulasi dari pemerintah maka terkait penyuluhan seputar pernikahan sudah dilakukan secara masif hanya skalanya kecil dan dalam kesempatan tertentu saja. Maka dengan adanya rumor regulasi dari pemerintah barangkali bisa bersinergi dengan apa yang sudah dilakukan oleh para pemuka agama dalam memberikan bimbingan kepada calon pengantin," ungkapnya.

Ia menuturkan rumah tangga dalam islam, inilah ibadah yang diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah yang mulia shollahu'alaihi wasallam.

"Sehingga yang namanya ibadah dalam islam tentu harus didasari dengan ilmu, karena kalau beribadah tanpa ilmu maka ibadah itu akan ditolak. Ilmu dari berbagai kesempatan bisa didapatkan dengan mudah asalkan tekun. Sehingga keberadaan pemerintah yang akan membuat regulasi kursus pengantin diharapkan mampu menjadi salah satu gerbang ilmu bagi calon pengantin, bukan justru menjadi penghambat dengan rumitnya tatanan birokrasi pada umumnya," katanya.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved