Berita Pangkalpinang

Di Era Revolusi 4.0 Perlu Siapkan Juga Society 4.0

Society 4.0 ditandai dengan terintegrasinya masyarakat ke dalam utilisasi teknologi.

Di Era Revolusi 4.0 Perlu Siapkan Juga Society 4.0
Istimewa
Dosen ilmu Politik Fisip UBB, Ibrahim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UBB, Ibrahim mengatakan di era revolusi 4.0 yang serba digital ini perlu disiapkan juga Society 4.0 di kalangan masyarakat.

"Era revolusi 4.0 itu tidak hanya ditandai oleh perubahan teknologi ke arah yang lebih mudah dan cepat, tapi juga ke arah society 4.0. Artinya, tidak hanya teknologi yang berubah, tapi juga masyarakatnya harus turut berubah," ungkap Ibrahim saat dikonfirmasi bangkapos.com,Rabu (20/11/2019).

Ia menuturkan Society 4.0 ditandai dengan terintegrasinya masyarakat ke dalam utilisasi teknologi. Dalam hal tidak siap, maka teknologi akan menjerembab masyarakat dalam ketertinggalan dan meninggalkan dalam kegagapan di era teknologi.

"Hal terpenting saya kira adalah menyiapkan karakter 4.0. Tugas pendidik dan orang tua menjadi lebih berat. Tantangannya adalah bagaimana mendidik generasi 4.0 dengan cara 4.0, bukan dengan car 3.0 apalagi dibawahnya. Dunia pendidikan dituntut untuk berubah secara substantif tanpa kehilangan jati diri kita sebagai orang timur," katanya.

Ia juga menyingung stigma "dak kawah nyusah" khas masyarakat Bangka Belitung. Berkenaan dengan itu digitalisasi pendidikan dan layanan publik harus mendorong perbaikan kualitas.

Pemerintah harus cepat tanggal dalam mengintegrasikan pendidikan yang maju dan modern, seraya menyelipkan pendidikan karakter yang kuat. Perubahan itu justru menurutnya harus intensif didorong melalui perubahan pola pikir orang tua dan pendidik.

"Lokakarya dan pembinaan parenting di era revolusi 4.0 penting, terutama pada masyarakat pinggiran. Teknologi telah merubah anak-anak kita menjadi gadget mania, orientasi pada mobil legend, free fire dan pada akhirnya miskin karakter dan tuna sosial. Pemerintah harus menyiapkan agenda-agenda lebih teknis di bidang pendidikan untuk memastikan society kita siap dengan model zaman now," jelas Ibrahim.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved