VIDEO: Masyarakat Desa Beriga Tolak Tambang Takut Dikriminalisasi

Perwakilan masyarakat Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, mengadu ke DPRD Propinsi Kep. Bangka Belitung, Rabu (20/11/20

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perwakilan masyarakat Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, mengadu ke DPRD Propinsi Kep. Bangka Belitung,  Rabu (20/11/2019). Hadir menerima perwakilan masyarakat, Wakil Ketua DPRD Babel, Hendra Apollo dan Ketua Fraksi Golkar, Algafri Rahman.

Sedangkan perwakilan masyarakat dipimpin langsung oleh Kades Beriga, Gani dan Ketua BPD Beriga, Darius.

Kades Beriga, Gani mengatakan suasana di Desa Beriga sudah memanas. Masyarakat tetap menolak adanya tambang di perairan Tanjung Beriga.

Akibat penolakan tambang ini, masyarakat banyak diintimidasi. Tapi yang dikhawatirkan terjadi kriminalisasi terhadap aparat desa maupun masyarakat.

"Masyarakat kita tetap menolak tambang di Beriga. Masyarakat kita tetap ingin menjadi nelayan," kata Gani.

Sementara itu Ketua BPD Beriga, Darius mengatakan suasana di masyarakat sudah memanas. Sejumlah pengurus tambang mendatangi masyarakat dan para aparat desa untuk meminta persetujuan menambang.

"Masyarakat kita tetap menolak. Sudah ada intimidasi dari masyarakat luar ke kita. Yang kita khawatirkan nantinya ada kriminalisasi kepada kita," ujar Darius.

Sementara itu Hendra Apollo mengingatkan agar masyarakat untuk tetap berkomitmen bila menolak tambang. Jangan sampai nantinya ada juga masyarakat yang pro tambang.

Hendra juga mengatakan bila memang penambang berani mengintimidasi ataupun mengkriminaliasi masyarakat, tentunya ada oknum yang membekingi.

"Kalau dibekingi oknum aparat seperti itu jalannya. Mereka turut juga andil merusak lingkungan. Kita doakan saja yang merusak lingkungan ini dilaknat Allah," tandas Hendra.

Terkait antisipasi bakal adanya krimininalisasi, Hendra pun menegaskan bahwa sebagai Wakil Ketua DPRD Babel, dirinya akan membuka posko pengaduan dari masyarakat.

"Saya buka posko pengaduan, masyarakat yang dikriminalisasi silakan melapor ke saya," ujat Hendra.

Penulis: Hendra
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved