Didit Kritik Kinerja Biro Hukum, Gubernur Langsung Minta Rekomendasi Nama Penggantinya

DPRD Provinsi Bangka Belitung mengkritik kinerja organisasi perangkat daerah di Pemprov Babel yang kinerjanya dinilai kurang

Didit Kritik Kinerja Biro Hukum, Gubernur Langsung Minta Rekomendasi Nama Penggantinya
Bangkapos.com/Hendra
Rapat koordinasi pimpinan di DPRD Provinsi Bangka Belitung dihadiri oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Jumat (22/11/2019). 

Didit Kritik Kinerja Biro Hukum, Gubernur Langsung Minta Rekomendasi Nama Penggantinya

BANGKAPOS.COM, BANGKA – DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengkritik kinerja organisasi perangkat daerah di Pemprov Babel yang kinerjanya dinilai kurang dalam membantu program kerja dari Gubernur, Erzaldi Rosman.

Kritikan ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya terkait kinerja dari Biro Hukum Propinsi Bangka Belitung.

Didit menilai masukan dari Biro Hukum kepada Gubernur kurang. Seperti soal perubahan SOTK dan penggunaan APBD.

“Kinerja dari orang bidang hukum pak gubernur kurang. Kita khawatir nanti, gubernur niatnya baik tapi malah bermasalah karena masukan dari bidang hukum kurang,” ujar Didit Srigusjaya saat rapat koordinasi pimpinan di DPRD Babel, Jumat (22/11/2019).

Dia menjelaskan, perubahan SOTK juga harus diiringi dengan perubahan anggaran. Ini dinilai perlu karena saat pengajuan APBD 2020 masih menggunakan nomenklatur yang lama atau SOTK yang belum diubah.

“Makanya kita minta anggaran perubahan kita minta diajukan dulu. Jangan sampai SOTK diubah, tetapi nomenklatur anggarannya masih pakai yang lama. Tentunya ini sudah menyalahi aturan hukum,” kata Didit Srigusjaya.

Beberapa hal lainnya, terkait kinerja biro hukum yang tak memberikan masukan baik kepada Gubernur, soal penerbitan peraturan gubernur (Pergub).

Didit mengatakan sebelum pergub dikeluarkan harus ada peraturan daerah terlebih dahulu. Bila pergub tanpa ada perda, sudah menyalahi aturan hukum.

“Lebih baik rombak saja pak Gub orang-orang di biro hukum ini. Diganti dengan orang yang memang berkompeten dan memahami soal aturan dan hukum,” ujar Didit Srigusjaya.

Gubernur Erzaldi pun tak membantah terkait permasalahan ini. Erzaldi justru meminta masukan dari DPRD Babel. Bahkan  bila ada nama calon yang direkomendasikan oleh DPRD Babel, dia siap mengikutinya.

“Iya terima kasih ketua (DPRD). Baiknya saya minta saja rekomendasinya langsung dari ketua siapa orang yang bisa. Atau kawan-kawan di DPRD menggodok orang-orangnya dan saya siap menerimanya,” ujar Erzaldi.

Terkait kritikan dan saran dari DPRD Babel ini untuk merombak dan menggantikan kepala OPD, Erzaldi justru berterima kasih. Hal ini tentunya untuk membantu menjalankan program kerjanya sebagai gubernur.

“Terima kasih dengan kawan-kawan di DPRD, justruk masukan seperti ini sangan baik. Mari kita sama-sama, membangun Bangka Belitung ini, jangan biarkan kami berjalan sendiri,” kata Erzaldi Rosman.

(Bangkapos.com/ Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved