Berita Pangkalpinang

Miliki Pelabuhan dan Kawasan Industri Stategis, Bangka Bakal Jadi Gerbang & Bagian Ekonomi Sumatera

Jembatan Batera merupakan langkah tepat untuk menjadikan Pulau Bangka sebagai pusat perekonomian di masa mendatang.

Dokumen Bangka Pos
Aditya Rizki, Anggota DPRD Provinsi Kep. Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Rencana Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung untuk membangun pelabuhan di Pangkalbalam dan Jembatan Batera merupakan langkah tepat untuk menjadikan Pulau Bangka sebagai pusat perekonomian di masa mendatang.

Anggota DPRD Provinsi Kep. Bangka Belitung, Aditya Rizki kepada bangkapos.com, Jumat (22/11/2019) mengatakan rencana gubernur ini merupakan rencana yang baik dan lebih efektif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Bangka Belitung.

Pelabuhan Pangkalbalam sebagaimana yang disampaikan oleh Gubernur kata Aditya memang sulit untuk dikembangkan lagi. Sehari hanya mampu melayani 7 kapal bermuatan 3000 GT untuk keluar masuk pelabuhan.

“Memang sudah sulit untuk di Pangkalbalam, kita sudah cek memang sehari hanya bisa 7 kapal. Untuk keluar dan masuk 1 kapal membutuhkan pandu dan setidaknya membutuhkan 14 jam. Tentu ini akan over time dan bagi pengusaha merugikan. Karenanya pelabuhan pangkalbalam akan dibangun yang baru,” jelas Aditya.

Disisi lain, Pangkalpinang juga cukup strategis. Selain memiliki pelabuhan, juga sudah memiliki kawasan industri.

Hal ini kata Aditya sama halnya dengan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan. Rencana akan dibangunnya jembatan dari Bangka ke Sumatera (Batera) juga akan mempermudah transportasi.

Kemudian pelabuhan sadai bisa menjadi penghubung dengan pulau-pulau kecil lainnya. Dan dikawasan Sadai juga sedang dipersiapkan Kawasan Industri untuk mendukung rencana pembangunan jembatan Batera dan pelabuhan Sadai.

“Jembatan ini dan Pelabuhan Pangkalbalam ini sangan penting untuk perekonomian kita. Kita yakini bila jembatan antara Bangka dan Sumatera dibangun dan Pelabuhan Pangkalbalam juga dibangun baru maka perekonomian kita juga akan lebih maju lagi. Pulau Bangka akan menjadi gerbang dan bagian dari perekonomian Sumatera,” jelas Aditya.

Dia menambahkan setiap daerah yang memiliki pelabuhan tentunya perekonomian masyarakatnya akan lebih maju. Apalagi disekitar pelabuhan dipersiapkan Kawasan Industri.

Hal ini tentunya akan lebih maju. Perekonomian masyarakat bergerak dan tumbuh. Kemudian penghasilan daerah (PAD) juga akan meningkat.

“Gubernur pun menginginkan agar disetiap Pelabuhan ada juga kawasan industrinya. Saat ini yang baru ada yang Pangkalpinang dan Bangka Selatan. Kalau dua daerah ini bisa kenapa kabupaten lain tidak bisa. Kita harus dorong kabupaten juga mempersiapkan hal ini, Pelabuhan dan Kawasan Industrinya,” ujar Aditya.

(bangkapos.com /Hendra)

 
 

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved