Berita Sungailiat

Soal Lomba Penilaian Toga, Desa Bukitlayang Borong Gelar Juara

Soal usaha tanaman obat-obatan keluarga (Toga), masyarakat dan pemerintahan di Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka, tak perlu diragukan lagi.

Soal Lomba Penilaian Toga, Desa Bukitlayang Borong Gelar Juara
(IST/Andry)
Kades Bukitlayang Andry mengenakan kemeja corak biru menerima hadiah sebagai juara pemanfaatan tanaman obat-obatan (Toga), Kamis (21/11/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Soal usaha tanaman obat-obatan keluarga (Toga), masyarakat dan pemerintahan di Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka, tak perlu diragukan lagi. Penilaian tim pada tingkat Kabupaten Bangka, desa ini menjadi juara pertama. Sedangkan tingkat Propinsi Babel, desa ini dinobatkan sebagai juara dua.

Hal ini diutarakan oleh Kepala Desa (Kades) Bukitlayang, Andry kepada Bangka Pos, Jumat (22/11/2019). "Predikat juara tentu saja dalam lomba penilaian Toga, kategori membudidayakan bahan-bahan obat herbal dengan memanfaatkan perkarangan rumah," kata Andry.

Tanaman Toga yang dibudidayakan kemudian diolah menjadi bahan jadi yang bermanfaat bagi banyak orang. "Produknya berupa beras kencur salah satunya. Makanya desa kami juara satu tingkat kabupaten dan juara dua tingkat propinsi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN)," katanya.

Penghargaan yang diterima oleh Pihak Desa Bukitlayang terkait prestasi yang dimaksud cukup beragam. "Di Kabupaten Bangka dapat trophy dan uang pembinaan Rp1.250.000, sedangkan di Propinsi Babel kami dapat trophy dan kulkas," jelas Andry.

Pada akhirnya Andry memastikan, Pemdes Bukitlayang akan selalu mensuport masyarakat yang ingin maju, terutama di bidang pemberdayaan. Pihak desa juga mengadakan pelatihan-pelatihan, sosialisasi. "Ke depan kita akan mengalokasikan dana desa untuk membangun rumah UMKM, biar masyarakat punya wadah untuk berinovasi dan kreasi. Kami mempunyai motto "Bersama Kita Bisa", ATM (amati, tiru, modifikasi)," katanya.

(bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved