Wujudkan Perekonomian yang Berkualitas dan Pemerataan Pembangunan

Pemerintah provinsi Bangka Belitung menggelar upacara memperingati hari jadi Provinsi Babel ke 19 di halaman kantornya Kamis (21/11)

Wujudkan Perekonomian yang Berkualitas dan Pemerataan Pembangunan - diskominfo-babel-1.jpg
bangkapos/noordin
Pemerintah provinsi Bangka Belitung menggelar upacara memperingati hari jadi Provinsi Babel ke 19 di halaman kantornya Kamis (21/11)
Wujudkan Perekonomian yang Berkualitas dan Pemerataan Pembangunan - dikominfo-prov-babel-2.jpg
bangkapos/noordin
Perayaan hari jadi provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke 19

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menggelar upacara memperingati hari jadi Provinsi Babel ke 19 di halaman kantornya Kamis (21/11). Rangkaian peringatan upacara kemudian dilanjutkan dengan rapat paripurna di kantor DPRD Bangka Belitung.

Inspektur upacara Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini telah berusia 19 tahun. Dari awal pembentukan tahun 2000 telah banyak mengalami perubahan mulai dari bidang sosial, ekonomi, hingga meraih penghargaan kategori nasional dan internasional.

Selain itu jumlah wilayah administratif juga bertambah tercatat tahun 2001 Bangka Belitung memiliki 36 kecamatan, 52 kelurahan dan 263 desa.

Tetapi saat ini sudah bertambah menjadi 47 kecamatan, 82 Kelurahan dan 309 desa. Di bidang ekonomi misalnya, pada tahun 2000 produk domestik regional bruto sebesar Rp 6,4 triliun meningkat menjadi 73,07 persen di tahun 2018, sama halnya dengan bidang-bidang lainnya.

“Selain itu rumah sakit semakin bertambah, tingkat pengangguran terbuka pun berhasil ditekan, kemiskinan menurun, nilai investasi bertambah dan sebagainya,” ungkap Erzaldi.

Selain itu kata Erzaldi, provinsi Bangka Belitung di tahun 2019 memiliki banyak prestasi, di antaranya penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Penghargaan Peduli Perlindungan Anak dari KPAI Pusat dan sebagainya.

“Ada juga Penghargaan Gerakan Indonesia Bersatu yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri atas prestasi dalam menjaga sinergisitas dan kebersamaan antara sesama suku etnis untuk saling toleransi, dan ikut serta dalam membangun daerah,” jelas Erzaldi.

Erzaldi mengajak semua pihak agar jangan terlena atas capaian yang telah didapat karena tantangan kedepannya semakin besar dalam mewujudkan provinsi yang sejahtera, maju, unggul di segala bidang sebagimana tercantum dalam visi pembangunan jangka menengah 2017-2022.

Kedepan fokusnya adalah pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan diikuti pemerataan pendapatan masyarakat melalui upaya transformasi ekonomi, peningkatan pendapatan pemerintah sampai pada tata kelola bencana dan lingkungan hidup. Mewujudkannya yakni dengan perencanaan yang baik, pelaksanaan konsisten dan taat aturan, selain itu pentingnya pemantauan juga evaluasi serta sinergi antar berbagai pihak

“Marilah kita semua saling bahu membahu bekerjasama guna memberikan upaya terbaik untuk membuat percepatan dan lompatan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bangka Belitung,” ajak Erzaldi

Pelaksanaan upacara ini dihadiri berbagai unsur, anggota forum koordinasi pimpinan daerah provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gubernur beserta wakil periode 2002-2007,2007-2012, 2012-2017, kepala OPD di lingkungan provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pimpinan instansi vertikal, tokoh presidium, sesepuh, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan perguruan tinggi, serta tamu undangan lainnya.

Dalam upacara di lapangan maupun di rapat paripurna tidak tampak kehadiran para bupati dan wali kota se Babel. Hal ini sangat disayangkan.

Usai upacara dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba tingkat provinsi yang telah dilakukan sebelumnya, seperti lomba kelurahan, desa, dedikasi di bidang lingkungan, pencipta alat pendukung pertanian dan sebagainya. Selain itu juga diserahkan kepada bunda PAUD Provinsi Bangka Belitung atas prestasinya di tingkat nasional.

Acara kemudian dilanjutkan rapat paripurna istimewa di kantor DPRD Bangka Belitung, pemotongan tumpeng dan penyerahan penghargaan kepada atlet berprestasi dalam ajang Porwil di Bengkulu Oktober lalu.

Kemudian sekitar pukul 19.00 WIB dilanjutkan acara resepsi peringatan hari jadi ke 19 provinsi Bangka Belitung di Pan Semujur, Bangka Tengah.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved