Berita Sungailiat

Peringati Hari Menanam Pohon, Ratusan Pelajar Menanam di Sungai Upang

Kegiatan ini dilaksanakan guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November mendatang.

Peringati Hari Menanam Pohon, Ratusan Pelajar Menanam di Sungai Upang
Ist/Ali
Gubernur Bangka Belitung H Erzaldi Rosman bersama Ketua DPRD Bangka Iskandar beserta General Manager PLN Bangka Belitung, Mukhlis, undangan lainnya dan ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) serta para aktivis lingkungan yang terhimpun dalam Bangka Flora Society (BFS) dan Salam Upang melaksanakan penanaman pohon di tepian Sungai Upang Desa Tanah Bawah, Minggu (24/11/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari Kecamatan Puding Besar bersama para aktivis lingkungan yang terhimpun dalam Bangka Flora Society (BFS) dan Salam Upang melaksanakan penanaman pohon di tepian Sungai Upang Desa Tanah Bawah, Minggu (24/11/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November mendatang.

Kegiatan yang didukung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bangka Belitung merupakan suatu bentuk aksi nyata dalam melestarikan lingkungan. Dalam hal ini PLN juga turun mendukung melestarikan lingkungan yang ada di Bangka Belitung.

General Manager PLN Bangka Belitung, Mukhlis mengungkapkan dukungan yang diberikan untuk berlangsungnya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap lingkungan. Karena setiap perusahaan memiliki tanggung jawab atas lingkungan yang ada disekitarnya.

"Kami akan menargetkan untuk menanam dua ribu tanaman pohon dan buah-buahan. Tak hanya pohon yang menjadi perhatian kami, juga termasuk juga tanaman anggrek yang ada di Sungai Upang diharapkan mampu dilestarikan," ungkap Mukhlis dalam rilis yang diterima Bangkapos.com, Minggu (24/11/2019)

Ketua pelaksana sekaligus Ketua BFS, Dian Rosana Angraini mengungkapkan kegiatan penanaman yang melibatkan para siswa siswi sekolah dasar merupakan upaya edukasi serta memberikan pemahaman untuk melestarikan lingkungan. Sehingga sikap kepedulian terhadap lingkungan akan timbul dan tumbuh sejak dini.

"Setiap anak kami berikan satu bibit pohon untuk ditanam. Jadi nantinya mereka akan mengingat pohon apa saja dan dimana saja mereka telah menanam. Sehingga muncul kepedulian untuk memelihara pohon atau lingkungan tersebut," jelas Dian.

Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Yayasan Kebun Raya Indonesia yang salah satunya memberdayakan para penerima penghargaan kalpataru.

Melalui Wakil Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia,  Alexander Sonny Keraf yang turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon sangat memberikan dukungan positif atas pelaksanaan kegiatan.

"Kami melihat peran pemerintah maupun para aktivis lingkungan di Bangka Belitung sangat memperhatikan lingkungan hidup, sehingga kami sangat tertarik ke sini dan turut melaksanakan penanaman bersama. Sehingga kedepannya harapan kami dapat terus berperan aktif dalam melestarikan lingkungan," saran Soony Keraf.

Di sektor pemerintahan juga turut hadir dan memberikan dukungan yaitu Gubernur Bangka Belitung, Ketua DPRD Kabuaten Bangka, serta Pemerintah Kabupaten Bangka.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengungkapkan pelestarian lingkungan di sekitaran Sungai Upang sangat tepat dilaksanakan karena menurutnya Sungai Upang memiliki potensi luar biasa yang tidak dimiliki daerah lain.

"Kita harus berbangga denngan potensi Sungai Upang, dimana memiliki jenis ikan endemik yaitu ikan tapah yang tidak dimiliki daerah lain. Sehingga kedepannya kita akan mengupayakan daerah ini menjadi daerah konservasi dan akan terus dikembangkan," ungkap Erzaldi.

Selain penanaman pohon perupuk dan anggrek yang merupakan agenda utama kegiatan, dilaksanakan juga kegiatan dongeng oleh kampung dongeng. Masing-masing peserta juga mendapatkan botol minuman sebagai bentuk kepedulian serta memperomosikan pengurangan sampah pelastik dengan membawa botol minuman.
(Bangkapos.com/Rilis/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved