Berita Belitung

BPOM Izinkan 37 Produk Obat Asam Lambung Ranitidin Beredar Kembali

Ada 37 produk mengandung ranitidin yang diedarkan kembali. Di luar itu, produk ranitidin dinyatakan ditarik dari peredaran serta dilakukan pemusnahan

BPOM Izinkan 37 Produk Obat Asam Lambung Ranitidin Beredar Kembali
Instagram @medical.account
Ranitidin 

BANGKAPOS.COM - Pasca peredaran obat ranitidin sempat ditarik karena tercemar N-Nitrosodimethylamoline (NDMA), kini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengizinkan edar obat tersebut. 

Dalam rilis yang diterima Posbelitung.co, Selasa (26/11/2019) melalui situs pom.go.id, BPOM menyatakan telah mengeluarkan keputusan tentang produk ranitidin yang diperbolehlan beredar kembali.

Tepatnya ada 37 produk mengandung ranitidin yang diedarkan kembali. Di luar itu, produk ranitidin dinyatakan ditarik dari peredaran serta dilakukan pemusnahan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Selanjutnya industri farmasi dapat memproduksi kembali dan mengedarkan produknya setelah memastikan bahwa hasil produksinya tidak mengandung NDMA melebihi ambang batas yang diperbolehkan," tulis humas BPOM dalam rilis tersebut.

Sebelumnya juga dijelaskan bahwa nilai ambang batas cemaran NDMA yang diperbolehkan adalah 96 ng/hari. Jika dikonsumsi di atas ambang batas secara terus menerus dalam jangka waktu lama berpotensi karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Berikut ini daftar ranitidin yang resmi diedarkan kembali:
1. Ulceranin (cairan injeksi 25 mg/ml) pemegang izin edar oleh PT Abbott Indonesia.

2. Bloxer-150 (tablet salut selaput 150 mg) dan Bloxer-300 (kaplet salut selaput 300 mg) pemegang izin edar oleh PT Berlico Mulia Farma.

3. Anitid (cairan injeksi 50 mg/2 ml) dan Ranitidine HCl (cairan injeksi 25 mg/ml) pemegang izin edar oleh PT Bernofarm.

4. Radin (cairan injeksi 25 mg/ml) dan Ranitidine HCl (cairan injeksi 25 mg/ml) pemegang izin edar oleh PT Dexa Medica.

5. Ranitidine HCl (tablet salut selaput 150 mg) dan Gasela (tablet salut selaput 150 mg) pemegang izin edar oleh PT Erela.

Halaman
1234
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved