Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ini Penjelasan Pihak BPJS Kesehatan Mengenai Penyesuaian Iuran Mulai Januari 2020 Mendatang

Relationship Officer Kantor Cabang Pangkalpinang BPJS Kesehatan Rio menerangkan peraturan baru mengenai penyesuaian iuran.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Suasana Media Gathering Sosialisasi JKN KIS dari BPJS Kesehatan, Selasa (26/11/2019) di Rumah Kayu BBG 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Relationship Officer Kantor Cabang Pangkalpinang BPJS Kesehatan Rio menerangkan peraturan baru mengenai penyesuaian iuran.

"Pemerintah menanggulangi kendala yang terjadi saat ini mengenai JKN, bahwa pemasukan lebih kecil dibandingkan ayang harus dikeluarkan maka solusinya adalah penyesuaian iuran, yang nanti akan berlaku per Januari 2020," ungkap Rio, Selasa (26/11/2019).

Sesuai dengan informasi yang beredar bahwa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan menetapkan penyesuaian iuran atau kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Berikut besarnya kenaikan iuran BPJS Kesehatan, yakni kelas III dari Rp 25.500 menjadi Rp 42.000, kelas II dari Rp 51.000 naik jadi Rp 110.000, dan kelas I dari 80.000 menjadi Rp 160.000.

Selain itu ia juga menjelaskan mengenai iuran peserta segmen penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah bahwa per 1 Januari 2020 mendatang sebesar Rp 42.000/jiwa/bulan yang dibayarkan pemerintah melalui dana APBD.

"Untuk penyesuaian prosentase iuran peserta PPU (Pekerja Penerima Upah) pejabat negara ketentuan lama 3 persen dibayar oleh pemberi kerja dan 2 persen dibayar peserta. Ketentuan baru berubah menjadi 4 persen dibayar oleh pemberi kerja dan 1 persen dibayar oleh peserta," jelas Rio.

Ia juga menyingung mengenai peran pemerintah dalam menanggung iuran BPJS Kesehatan untuk rakyatnya.

"Harus diingat bahwa pemerintah juga sudah berkontribusi untuk peserta mandiri sehingga penyesuaian iuran tidak sebesar seharusnya. Selain itu apabila masyarakat berat untuk membayar silahkan ajukan JKN tersebut agar bisa masuk PBI (Penerima Bantuan Iuran) yang akan dibiayai pemerintah," kata Rio. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved